Darurat Siber Nasional, Berikut Langkah-langkah Keamanan Siber Mandiri

Penjahat siber.
ILUSTRASI: Penjahat siber.

JakartaInsiden keamanan siber nasional baru-baru ini membuat geger Indonesia, serangan terhadap server Pusat Data Nasional (PDN) yang marak diberitakan di media massa menjadi alarm bagi setiap individu dan organisasi di tanah air untuk lebih memperkuat ketahanan sibernya.

Menurut hasil deteksi Awan Pintar selama bulan Juni 2024 sampai berita ini diturunkan serangan yang masuk ke Indonesia telah mencapai 13.689.929,37 serangan per detektor. Ini artinya kewaspadaan harus ditingkatkan, penambahan lapisan keamanan perlu dipikirkan.

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan maraknya serangan, IT Security Consultant PT Prosperita Mitra Indonesia, Yudhi Kukuh, mengatakan:

“Kewaspadaan siber nasional perlu kembali kita tingkatkan dengan terus menguatkan infrastruktur jaringan nasional dan lanskap keamanan siber secara menyeluruh di Indonesia. Setiap individu, organisasi, dan perusahaan harus terus membekali dirinya dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memahami risiko siber, dampaknya dari serangan siber dan cara terbaik untuk menghindari risiko tersebut”.

Keamanan Siber Mandiri

Setiap individu dan organisasi/perusahaan perlu membangun keamanan siber mandiri, sebagai bagian dari upaya kolektif untuk membangun kesadaran dan ketahanan siber. Kita perlu ingat, bahwa serangan siber tidak pernah pandang bulu, siapa saja bisa menjadi target mereka selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *