Rahasia Cantik dan Sehat Dibalik Segelas Teh Kembang Telang

Teh-Kembang-Telang

Oleh : Najwa Fitria Azzahra
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Di zaman sekarang ini, mengkonsumsi teh merupakan salah satu trend yang sering dilakukan masyarakat di Indonesia. Selain untuk kenikmatan, mengkonsumsi teh ternyata juga memiliki beberapa manfaat.

Bacaan Lainnya

Salah satunya teh yang berasal dari ekstrak bunga telang. tumbuhan kembang telang ini dikenal dengan nama butterfly pea sedangkan bahasa ilmiah tumbuhan kembang telang adalah Clitoria ternatea.

Tumbuhan kembang telang berasal dari Amerika Serikat bagian tengah dan pada sejak abad ke 19. tumbuhan ini menyebar ke daerah – daerah tropis salah satunya negara Indonesia.

Tumbuhan kembang telang kini sudah menyebar luas di seluruh Indonesia dan paling banyak pada daerah Makasar,Sumatera serta Jawa.

Tumbuhan kembang telang memiliki banyak nama di setiap daerah. Di Sumatera kembang telang dikenal dengan nama bunga biru  atau bunga kelentit, di  Jawa, ia dikenal  dengan nama kembang  teleng atau  menteleng, di  Sulawesi,  bunga  ini  disebut  dengan  bunga  talang  atau temanraleng, serta di Makassar dengan nama Bunga Biru dan Bunga Telang.

Tumbuhan kembang telang merupakan salah satu anggota dari famili atau leguminosa, yang merupakan tumbuhan merambat. Biasanya tumbuhan kembang telang dapat hidup pada ketinggian antara 1 – 800 m diatas permukaan laut pada berbagai jenis tanah, termasuk pada tanah merah, dan tanah berpasir, suhu yang optimal bagi pertumbuhannya berkisar antara 19-28C dan rata-rata hujan 2000 mm/tahun.

Secara morfologi Batang kembang telang ini memiliki panjang berkisar 0,5 – 3 m, bulat dan memiliki rambut pada permukaanya serta membelit ke arah kiri. Memiliki akar tunggang dengan banyak akar lateral dan daunnya memiliki bentuk daun majemuk menyirip berpasangan, berbentuk jorong, dengan permukaan bawah berbulu dan berwarna hijau, panjang tangkai daun mencapai 2,5 cm.

 Bunganya tersendiri, memiliki ciri khas pada warna bunganya yang beragam dimulai dari putih, merah, serta ungu indigo, benang sari dan putik yang tersembunyi. Kembang telang ini termasuk kedalam jenis bunga setungkup tunggal, yang memiliki lima kelompok yang berlekatan, dan 3 mahkota yang juga saling berlekatan.

Buah kembang telang ini termasuk ke dalam buah polong dengan panjang 14 cm, di dalamnya terdapat biji berjumlah 8 – 10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *