Siswa MAN 2 Kota Sukabumi Lolos SNBT Kedokteran

Siswa MAN 2 Kota Sukabumi
Muhammad Rajwa Auliansyah lulusan MAN 2 Kota Sukabumi lolos SNBT 2024 jurusan kedokteran di UIN Jakarta.

SUKABUMI – Kabar gembira datang menghampiri MAN 2 Kota Sukabumi, sebab lima siswanya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan salah satunya tembus kedokteran di UIN Jakarta.

Adalah Muhammad Rajwa Auliansyah, anak pertama dari pasangan Iwan Kustiawan dan Rani Kurniawati yang diterima di jurusan kedokteran UIN Jakarta melalui SNBT. Rajwa panggilan akrabnya tersebut mengaku sangat bangga sekaligus senang, lantaran impian masa kecilnya terwujud.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah senang campur bangga, senangnya karena jadi dokter jadi cita-cita saya sejak dulu dan bangga karena sebelumnya saya juga pernah mencoba ikut seleksi ke PT melalui jalur raport, tetapi enggak keterima malah jalur SNBT ini yang lolos seleksi, jadi kaya lebih bangga juga lolos lewat SNBT soalnya Rajwa lebih effort buat belajar sampai masuk kedokteran,” imbuhnya kepada Radar Sukabumi, Selasa (18/6).

Rajwa mengaku menjadi dokter adalah cita-citanya sejak masih kecil. Ia pun terinspirasi menjadi dokter karena waktu kecil sering diajak sang ibu bekerja di rumah sakit.

“Kebetulan ibu PNS dan bekerja sebagai administrasi di rumah sakit pemerintah daerah, dulu waktu kecil suka ikut ibu ke kantor jadi seperti sudah familiar juga terkait kesehatan sama profesi di rumah sakit,” terangnya yang bercita-cetia menjadi dokter spesialis anak ini.

Lantas kenapa memilih UIN Jakarta? Rajwa mengatakan, ia sengaja memilih kampus tersebut dengan sekolah MAN dan SMP-nya dulu yang memiliki unsur islami di setiap jurusan.

“Kebetulan SD dan SMP itu di Adzkia dan SMA-nya di MAN 2, jadi kaya ilmu agama yang diraih di sekolah sebelumnya enggak serta merta ilang bisa jadi modal juga buat pembelajaran di kampus nanti dan alasan lainnya karena peluang juga kalau saya pribadi tidak terlalu ambisius untuk mengambil PTN Top 3 karena persaingannya pasti banyak apalagi untuk fakultas kedokteran pasti sangat ketat,” tuturnya.

Selain itu, siswa kelahiran 2006 tersebut berbagi pengalaman belajar, sehingga bisa diterima di salah satu kampus terbaik di Indonesia itu. Baginya setiap siswa punya gaya atau model belajarnya masing-masing, karena setiap individu memiliki ciri khasnya dalam belajar sehingga ilmu yang dipelajari mudah dipahami.

Rajwa sendiri memiliki kebiasaan khusus yaitu belajar 2-3 kali setiap harinya. Menjelang SNBT ia pun kerap berlatih soal try out dan mengevaluasi bagian mana yang kurang maupun yang sudah bagus, supaya ada gambaran buat rencana belajar selanjutnya.

“Kalau gaya belajar mungkin tiap orang beda beda ya, kalo saya sendiri lebih ke efektivitas tiap belajarnya, jadi kalau lagi senggang gak ada pekerjaan rumah, Rajwa bisa mulai belajar buat SNBT, tapi kalo Rajwa sudah mulai suntuk atau bosen enggak maksain buat terus belajar, jadi biasanya diisi dengan refreshing sebentar terus dilanjut lagi.

Selain itu juga, H-1 Rajwa fokus ke mental sudah enggak belajar tapi lebih ke persiapan mental juga buat besok tes SNBT supaya kalah di mental sama peserta-peserta lain,” tuturnya.

Rajwa sendiri lolos SNBT di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta dengan nilai rata-rata 737, ia pun berpesan kepada adik-adik kelasnya untuk senantiasa yakin bahwa anak madrasah juga bisa sukses.

“Jadi apapun yang diimpikan yang penting fokus, sungguh-sungguh serta selalu sertakan Allah di setiap perjalanan hidup,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Sukabumi Yepi Prezi Agus Gunadi mengaku sangat bangga atas keberhasilan yang terus meningkat dan tahun ini lebih membanggakan lagi, lantaran ada siswanya yang lolos kedokteran melalui jalur SNBT.

“Sekolah tentunya sangat mendukung prestasi-prestasi siswa baik secara akademik maupun non akademik dan MAN 2 juga medorong siswanya untuk melanjutkan sekolahnya khususnya ke PTN salah satunya melalui intensif learning camp, conseling karir, pendalaman integrasi sains dan agama,” terangnya.

Pria ramah itu berharap ke depan lulusan MAN 2 Kota Sukabumi ke PTN terus meningkat, khususnya di bidang kedokteran.

Adapun siswa lolos SNBT 2024 yaitu Muhammad Rajwa Auliansyah (XII IPA 3) Pendidikan Dokter_UIN Jakarta, Huri Zainatul Hasna Aqila (XII IPA 4) Manajemen UIN Jakarta, Imelda Saskia (XII IPA 3) Sastra Inggris_UIN Sunan Gunung Djati, Syara Aulya Farhany (XII IPS 4) Pendidikan Khusus UNJ dan Qonitah Fatimah (XII IPA 3) Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *