Kecamatan Warudoyong

Wilayah Pengembangan UKM, Pertanian, Jasa Perdagangan, dan Pariwisata

Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi

Luas wilayah Kecamatan Warudoyong mencapai 761,68 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni  sebanyak 60.296 jiwa dengan 17.021 kepala keluarga. Kecamatan Warudoyong memiliki 58 RW dan 264 RT.  Kecamatan Warudoyong berpotensi pada pengembangan sektor UKM, pertanian, jasa perdagangan dan  pariwisata.

Laporan Hiti Robiah

Ada lima kelurahan yang dinaungi Kecamatan Warudoyong yakni Kelurahan Warudoyong, kelurahan  Nyomplong, Kelurahan Benteng, Kelurahan Sukakarya dan Kelurahan Dayeuhluhur.

Batas wilayah dari Kecamatan Warudoyong sebelah utaranya adalah Kecamatan Cikole/Kecamatan  Gunungpuyuh, sebelah selatannya dengan Kecamatan Lembursitu, sebelah baratnya dengan Kecamatan  Gunungguruh dan sebelah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Citamiang.

Kecamatan Warudoyong menurut Camat Warudoyong Drs. R. Samiarto, Msi, merupakan kecamatan yang  berkembang dalam sektor pariwisata, jasa perdagangan ,pertanian dan pengembangan penggiat UKM.
Sektor UKM yang dimiliki oleh Kecamatan Warudoyong sangat banyak mencakup makanan ringan ataupun  kebutuhan rumah tangga lainnya. Yang diunggulkan di Kecamatan Warudoyong salah satunya produksi  seprai dari kain perca (limbah kain), adapun UKM lain seperti keripik dan kerupuk kulit serta lain  sebagainya.

Dalam sektor jasa perdagangan wilayah Kecamatan Warudoyong menjadi salah satu pusat perdagangan  dengan adanya beberapa pasar yang berada di seluruh kelurahan dan juga terdapat banyak pertokoan  serta jasa lainnya.

Pada sektor pertanian, Kecamatan Warudoyong masih memiliki potensi yang besar. Hal ini  disebabkan oleh lahan pertanian yang masih luas, yakni sekitar 54 persen. Sehingga, potensi sektor  pertanian masih menjadi primadona di Kecamatan Warudoyong.

Dan untuk sektor pariwisata, terdapat lokasi wisata yang sudah dikenal banyak orang walaupun  belum launching secara resmi, yaitu Kampung Pelangi yang pada awalnya dibentuk oleh BKM. Lalu ada  juga Villa Cantik dan Gembok Cinta. Lokasi wisata tersebut sangat unik dan menjadi tempat yang bagus  untuk foto-foto.(cr5/d)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close