RamadhanSUKABUMI

Ramadan Ajang Berburu Pahala

Oleh: M Kusoy
(Sekretaris MUI Kota Sukabumi)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekali, Pemerintah telah memutuskan melalui Kementrian Agama bahwa kemarin adalah hari pertama berpuasa. Untuk itu, mari kita kaji Al-Qur’an ayat 108 yang artinya, ‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa’.

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah SWT, bagaimana manusia yang takwa menurut surat tersebut, yaitu salah satunya menjalankan ibadah puasa selama waktu yang ditentukan dibulan Ramadan ini. Maka, marilah kita berpuasa menahan makan dan minum dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari agar ketakwaan kita meningkat kepada Allah SWT.

Dalam ayat tersebut, diperintahkan hanya untuk orang-orang yang beriman.

Dan ciri-ciri orang beriman, yang pertama, tentulah percaya kepada hal yang ghoib, yakni Allah SWT. Tidak bisa dilihat oleh kedua mata kita, tapi keberadaannya harus kita yakini sepenuh hati, karena ini merupakan akidah kita.

Para pembaca yang dimuliakan allah SWT, adapun ciri kedua, orang yang beriman kepada Allah selalu orang yang melaksanakan sholat yang diwajibkan dan dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW kepada kita semua. Maka orang beriman tidak akan meninggalkan sholat.

Yang ketiga, orang yang beriman selalu mengeluarkan wanhar atau zakat, infak dan sodaqoh. Apalagi di bulan yang penuh kebarokahan ini, orang beriman akan terus meningkatkan zakat, infak dan sodaqohnya.

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah SWT, dibulan Ramadan ini kita melaksanakan empat kegiatan, yang pertama shaum atau berpuasa, yakni menahan lapar dan haus, tidak berhubungan intim, menahan diri dengan penuh kesabaran dan sebagainya.

Yang kedua sholat. Jika biasnya kita melaksankan sholat 17 rakaat dalam lima waktu, kini sholat kita dianjurkan untuk lebih yaitu dengan melaksanakan sholat tarawih. Ada yang 11 rakaat, 23 rakaat dan 43 rakaat. Silahkan karena itu diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Yang ketiga membaca Al-Qur’an. Di bulan yang suci ini, dilipat gandakan oleh Allah SWT pahala kebaikan. Karena itu mari kita tingkatkan dalam membaca Al-Qur’an dan yang ke-empat zakat, infak dan sodaqoh. Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada kita, untuk terus berzakat, infak dan sodaqoh.

Mari kita bersama-sama meningkatkan ketakwaan kita kepada ALLAH SWT dengan berpuasa, meningkatkan sholat, membaca Al-qur’an, Zakat, infak dan sodaqoh,. mungkin cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat.(*/ren)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close