Sejarah Timnas Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U23 Dengan Mudah

Pertandingan Yordania vs Indonesia dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U23 2024, di Abdullah Bin Khalifa Stadium (Doha), Minggu malam 21 April 2024. (tangkapan layar laman the-afc.com)
Pertandingan Yordania vs Indonesia dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U23 2024, di Abdullah Bin Khalifa Stadium (Doha), Minggu malam 21 April 2024. (tangkapan layar laman the-afc.com)

JAKARTA — Sejarah Timnas Indonesia U23 tercipta usai lolos ke babak perempat final Piala Asia U23 2024, dengan menghajar Yordania U23 4-1, pada laga terkhir Grup A, Minggu malam WIB 21 April 2024.

Pertandingan Indonesia U23 vs Yordania U23 berlangsung di Abdullah Bin Khalifa Stadium (Doha). Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U23- yang hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak 8 besar AFC Asian Cup 2024 ini, ternyata tempil beringas.

Bacaan Lainnya

Marselino Ferdinan jadi bintang pada laga ini dengan mencetak brace (sepasang gol), dua gol Garuda Muda lainnya dibukukan Witan Sulaeman dan Komang Teguh.

Satu-satunya gol balasan Yordania tercipta akibat gol bunuh diri Justin Hubner. Sebelum matchday 3 ini, Timnas Indonesia U23 menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan 3 poin.

Sementara Qatar U23 di puncak dengan 6 poin dan sudah pasti lolos ke perempat final. Adapun Yordania dan Australia sama-sama mengemas satu poin. Artinya, Indonesia hanya butuh hasil imbang lawan Yordania untuk menembus babak 8 besar, apapun hasil Qatar vs Australia.

Alih-alih bermain bertahan untuk mengamankan satu poin, Timnas Indonesia U23 malah tampil menyerang. Anak asuh Shin Tae Yong mendominasi pertandingan sejak kick off, dan kerap mengancam pertahanan Yordania.

Peluang emas pertama didapat Rafael Struick menyambut umpan Witan Sulaeman, sayang sepakan penyerang Den Haag itu dari jarak dekat, bisa ditepis kiper Yordania U23, Ahmad Juaidi.

Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-23 lewat eksekusi penalti Marselino Ferdinan untuk membawa Garuda Muda unggul 1-0. Sebelumnya, Struick dijatuhkan Amer Jamous di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih.Setelah unggul 1-0, para penggawa Garuda Muda tidak mengendurkan serangan. Di sisi lain, pemain Yordania berusaha keras menyamakan kedudukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *