Dinas Pertanian

Pemdes Caringin Kembangkan Sentra Sayur Mayur

SUKABUMI — Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, berpotensi menjadi sentra penghasil sayur mayur hingga dapat berpotensi menjadi agrowisata sayur mayur di Kabupaten Sukabumi.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi menyebutkan, terdapat banyak jenis sayur mayur yang ditanam oleh petani. Mulai dari cabai, tomat, kenci, kacang panjang, pare, terong dan tanaman lainnya.

“Hektare lahan darat warga ditanami aneka sayur mayur seperti di Bukit Sinjani yang terletak di Kampung Cibule Rt 19. Di satu lahan ada yang ditanam cabai, adapula yang tanam tomat,” kata Kepala Desa Caringin, Marpudin kepada wartawan, Kamis (19/3).

Lebih Lanjut Marpudin, Pemerintah Desa (Pemdes) Caringin sangat antusias mendukung inovasi agrowisata pertanian yang digagas oleh salah seorang warga.

“Kami harap dengan adanya agrowisata pertanian ini dapat mendongkrak faktor perekonomian dan pengolahan tanah yang tadinya tidak produktif menjadi lahan produktif,” ucapnya.

Menurutnya, ide besar ini dicetuskan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di desa yang dipimpinnya. Ia menyebut, jika memang desanya layak menjadi agrowisata sayur sebab lahan di desa ini sangat subur.

“Ide ini datang, dan terlintas dipikiran. Sebab potensi yang ada di desa yakni sayur mayur bisa tumbuh subur di sini,” imbuhnya.

Namun, sambung dia, untuk mendukung pengembangan potensi yang ada perlu adanya kerjsama yang baik dengan semua elemen khususnya anatara pemerintah dengan masyarakat.

“Kami yakin, apabila semuanya mensuport, pengembangan semua potensi yang ada dapat terwujud. Mudah-mudahan dengan berkembangnya potensi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button