Distan Kabupaten Sukabumi Gencarkan Program Closed Loop

Distan Kabupaten Sukabumi Gencarkan Program Closed Loop

SUKABUMI – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana menghadiri panen perdana tanaman cabai rawit merah yang merupakan program closed loop di Kampung Lemahduhur, Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, Selasa (17/05).

Panen perdana tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Kementerian Koordinator Perekonomian RI.

Bacaan Lainnya

Thendy mengatakan, program closed loop merupakan program kemitraan agribisnis holtikultura. Semenatara, luasan lahan tanaman cabai merah untuk program tersebut mencapai 20 hektare.

Dalam pengembangannya, sambung Thendy, Distan menerapakan cara ekosistem berbasis digital, teknik budidaya good agricultural practices, sistem logistik yang baik, serta jaminan pasar dan harga yang bersaing oleh offtaker.

“Jadi para petani tidak lagi bingung memasarkan produk pertaniannya,” kata Thendy.

Selain itu, masih kata Thendy, pada hasil panen cabai rawit merah pada program closed loop di Kampung Lemahduhur langsung disalurkan ke PT Eden Pangan Indonesia (Eden Farm) selaku offtaker.

“Selain cabai rawit merah, Kabupaten Sukabumi juga memiliki program Closed Loop untuk kelapa genjah di wilayah Sukabumi Selatan dengan luas lahan sekitar 200 hektare. Semoga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” paparnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan