Tidak Pernah Dapat Murid Baru

TETAP BELAJAR: Sekolah kurang murid saat PPDB 2019.

LAMONGAN, RADARSUKABUMI.com – Sungguh miris nasib SDN Patihan berada di Desa Patihan, Kecamatan Babat Lamongan, Jatim tiap kali diadakan PPDB. Sebab sudah dua tahun ini PPDB, sekolah tersebut tidak mendapatkan murid. Bahkan saat ini saja jumlah peserta didik hanya sebelas siswa mulai dari kelas tiga hingga kelas enam.

PPDB tahun ini sekolah tidak mendapatkan murid khususnya kelas satu. Maka untuk kelas satu dan kelas dua terlihat kosong tanpa murid.
Menurut Prasetyo, Kasek SDN Patihan, minimnya siswa karena ada dua sekolah dengan jarak sangat berdekatan. Namun, warga lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta yang berada di desa tersebut, karena menganggap mutu pendidikan lebih baik.

Bacaan Lainnya

“Lebih ironis, di komplek sekolahan ini juga terdapat taman kanak-kanak yang jumlah muridnya hanya lima saja,” kata Prasetyo.

Saat ini, kata dia, hanya dua ruangan yang digunakan untuk proses belajar mengajar dari total enam ruang. Bahkan untuk kelas III dan kelas IV, terpaksa harus digabung menjadi satu ruangan dengan dipisah papan.

Begitu juga dengan kelas V dan VI juga digabung menjadi satu dalam ruangan kelas. Bahkan ruangan guru yang seharusnya ditempati oleh para guru, terlihat dikosongkan.

“Untuk jumlah siswa di SDN Patihan hanya sebelas siswa saja. Untuk jumlah tenaga pengajaran di SDN Patihan berjumlah lima guru, tiga PNS dan dua guru GTT,” pungkasnya.

(flo/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *