Bawaslu Kawal Surat Suara hingga ke TPS

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto

KABUPATEN SUKABUMI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi, akan kawal surat suara hingga ke tempat pemungutan suara (TPS). Penegasan tersebut ditegaskan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto. Menurutnya saat ini bawaslu tengah menunggu kedatangan surat suara (susu) dari Kudus.

“Ia katanya besok (hari red) surat suara untuk pilpres akan tiba di Sukabumi. Kita tidak mengirimkan orang kesana, cuma ada perwakilan melalui bawaslu Kota, jika sudah mendekat baru kita kawal hingga gudang yang ada di Kabupaten Sukabumi, “jelas Teguh pada saat dihubungi koran ini, kemarin (25/2).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sudah seharusnya Bawaslu akan melakukan pengawasan sejak distribusi surat suara diterima KPU Kabupaten hingga ke TPS nantinya. Pengawasan dilakukan agar proses distribusi berjalan lancar, pelipatan surat suara hingga distribusi ketingkat TPS berlangsung dengan aman. Nantinya, pengawasan distribusi surat suara meliputi ke kampung-kampung akan melaibatkan panwascam dan pengawas tingkat desa.

“Kami akan lakukan giliran piket untuk melakukan pengawasan. Agar nantinya jika ditemukan surat suara yang rusak atau kurang bisa berkoordinasi langsung, “terangnya.

Labih lanjut dirinya mengatakan, untuk kondisi gudang tempat surat suara dan penyotiran sudah dinyatakan dalam kondisi baik, soalnya sebelumnya bawaslu provinsi melakukan pengecekan kepada gudang-gudang yang nantinya akan digunakan oleh KPU.

“Ini tanggung jawab bersama mulai dari pihak keamanan, KPU dan masyarakat agar proses pemilu berjalan baik. Sejauh ini, kami melihat kondisi gudang sudah sesuai prosedur, “tukasnya. (hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *