WISATA

Wilayah Berpotensi Kelautan, Pertanian, Perikanan, dan Kebudayaan

Kecamatan Cisolok satu di antara delapan kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan bagian destinasi untuk mendukung wisata Geopark Ciletuh Pelabuhan ratu. Kecamatan Cisolok memiliki potensi kelautan dan kebudayaan kampung adat Sunda.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kecamatan Cisolok merupakan salah satu kecamatan perbatasan di Kabupaten Sukabumi.Kecamatan yang juga masuk wilayah Pakidulan Kabupaten Sukabumi ini merupakan pintu gerbang dua kabupaten dan dua provinsi berlainan.Yakni, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Lebak Banten berada pada bagian barat dari Kecamatan Cisolok yang masuk Kabupaten Sukabumi. Sedangkan di batas timurnya adalah Kecamatan Cikakak, utararanya berbatasan dengan Kecamatan Kabandungan dan selatannya dengan Laut Lepas Indonesia atau Samudera Hindia. Pada tahun 2016 berdasarkan survey Biro Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Kecamatan Cisolok mencapai 72.815 jiwa.

Sekmat Cisolok, Yat Hidayat, M.Pd yang mewakili Camat Cisolok, Asep Mauludin Hidayat, S.IP ini menerangkan pekerjaan penduduknya bervariasi ada yang buruh tani, nelayan, pedagang, swasta, UKM atau wiraswasta, pegawai negeri, dan lain sebagainya.

Melihat potensi yang kental di Kecamatan Cisolok di antara yang jelas terlihat adalah potensi kelautan atau pantai. “Setidaknya yang saya ketahui ada lebih kurang lima laut di Kecamatan Cisolok antara lain, Karangpapak, Karanghawu, Pajagalan, Cibangban, dan Cikembang,”sebutnya kepada Radar Sukabumi.

Cisolok juga merupakan wilayah perikanan untuk tangkapan ikan laut seperti pepete, layur, eteman, dan tongkol.

Dari sisi kebudayaan, Kecamatan Cisolok juga memiliki tiga wilayah kampung adat yang kerap dikunjungi turis domestik dan mancanegara, seperti Kampung Adat Ciptagelar, Sirnaresmi, dan Ciptamulya.Para turis biasanya hadir di acara Serentaun.

Untuk potensi pertanian, di sinipun ada sekitar 10 desa (dari 13 desa) yang berpotensi pertanian untuk komoditi pisang dan gula semut.(*)

Dukung Pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Pemerintah Kecamatan Cisolok selalu ingin menerapkan pembangunan wilayah yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Sukabumi salah satunya kemandirian.

Nah pada 2018 RPJMD Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan Cisolok diarahkan pada penyelenggaraan pelatihan-pelatihan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti kerajinan yang menjadi potensi di masyarakat.

“Ini juga dalam rangka dmendukung Kecamatan Cisolok sebagai bagian dari delapan kecamatan pengembangan Geopark Ciletuh Pelabuhan ratu,” Tutur Sekmat Cisolok, Yat Hidayat mewakili Camat Cisolok, Asep Mauludin, S.IP.(dit)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close