Simak, Kandungan Sayur Bayam yang Sering Makan

Ilustrasi sayuran bayam. (Sumber foto: Freepik)
Ilustrasi sayuran bayam. (Sumber foto: Freepik)

JAKARTA — Kamu sering makan sayur bayam, tapi tidak paham seperti apa kandungan yang ada di dalamnya? Jika iya, yuk simak dan pahami kandungan sayur bayam melalui artikel berikut ini.

Dilansir dari beberapa jurnal ilmiah, Sabtu (17/2), sayur bayam telah lama diakui sebagai salah satu makanan super yang kaya akan manfaat kesehatan dan nutrisi.

Bacaan Lainnya

Beberapa studi telah mengungkapkan, bahwa manfaat kesehatan yang signifikan dari konsumsi bayam sangat beragam. Misalnya saja, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Nutrients’, pada studi ini ditemukan bahwa konsumsi bayam secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam ‘Journal of the American Heart Association’ menunjukkan hubungan positif antara konsumsi sayur hijau, termasuk bayam, dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat, kandungan, dan nutrisi yang terkandung dalam sayur bayam.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan magnesium dalam bayam membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan nitrat alami dalam bayam dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyumbatan.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bayam merupakan sumber kalsium yang baik, penting untuk kesehatan tulang yang baik. Kalsium merupakan nutrisi vital dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

4. Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam bayam mendukung kesehatan pencernaan dengan mengurangi risiko sembelit dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Berikut adalah kandungan dan nutrisi sayur bayam yang perlu kamu ketahui.

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Bayam kaya akan vitamin A, C, dan K. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas.

Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi, magnesium, dan folat yang penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *