Kecamatan Ciemas Majukan Wisata, Realisasikan SAB, Pengerasan Jalan, dan Jogging Track Wisata

  • Whatsapp
Camat Ciemas Ag Senjaya

RADARSUKABUMI.com – Bantuan P3K 2019 untuk Kecamatan Ciemas dimanfaatkan untuk sejumlah pembangunan, antara lain pembangunan Sarana Air Bersih, pengerasan jalan, dan penataan wisata lokal.

Laporan : Dendi Koswara

Bacaan Lainnya

Camat Ciemas, AG Senjaya menerangkan pembangunan P3K pada 2019 di wilayahnya sudah selesai dilaksanakan. Pembangunan dilaksanakan berdasarkan program pada camat sebelumnya.

Adapun pembangunan yang dibiayai oleh P3K 2019 di wilayah Kecamatan Ciemas menurutnya difokuskan pada sejumlah titik pembangunan yang disebutkannya antara lain, pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Giri Mukti.

Camat menyampaikan realisasi SAB di Desa Giri Mukti menggunakan pipanisasi sepanjang kurang lebih dua kilometer dari sumbernya.Ini untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi kekeringan.

Ia menerangkan, selain pembangunan SAB di Desa Giri Mukti anggaran P3K 2019 di wilayah Kecamatan Ciemas, imbuh camat juga dimanfaatkan untuk pengerasan jalan yang tersebar di delapan desa sepanjang sekitar 750 meter dengan lebar rata-rata dua kilometer menuju area wisata Geopark Ciletuh.

Kemudian yang ketiga, imbuhnya, melalui anggaran bantuan P3K 2019 juga dimanfaatkan untuk melakukan penataan wisata di Desa Giri Mukti dan Mandra Jaya, yakni dengan membangun jogging track.

Penataan wisata tersebut, imbuhnya juga dalam rangka mendukung Geopark Ciletuh. “Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan P3K 2019 sudah dilaksanakan,”ucap syukurnya.

Sementara itu, camat juga menerangkan untuk 2020 direncanakan juga untuk kelanjutan pengembangan kawasan wisata di Desa Giri Mukti juga bumi perkemahan di Desa Ciwaru. Hal ini, imbuhnya, dalam rangka mendukung program bupati untuk memajukan kawasan wisata Geopark Ciletuh.

“Untuk mendukung pengembangan kawasan wisata Geopark Ciletuh Saya juga mengimbau kepada masyarakat khususnya para wisatawan agak senantiasa menjaga kebersihan lingkungan Kawasan Wisata Geopark Ciletuh.”imbaunya bijak. (*)

Kembangkan Potensi untuk Dukung Kawasan Geopark Ciletuh

Camat Ciemas, AG Senjaya menyebutkan Kecamatan Ciemas meliputi delapan desa antara lain, Desa Ciemas, Ciwaru, Taman Jaya, Mandra Jaya, Giri Mukti, Cibenda, Sindang Mulya, Mekar Jaya.

Berbagai potensi dimiliki Kecamatan Ciemas. Selain potensi Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah terkenal ada juga potensi lainnya.

Camat menyebutkan antara lain, pengembangan potensi budi daya hasil bumi durian yang dikerjasamakan dengan PT Maranginan di Desa Mekar Jaya.

Selain itu juga ada potensi buah-buahan yang tersebar di semua desa. Juga potensi buah naga di Desa Mekar Jaya, dan hasil tangkapan ikan laut, seperti lobster. Potensi lainnya adalah hasil pertanian beras hitam di Desa Taman Jaya.(den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *