Bencana Alam KabSUKABUMI

Fenomena di Ujung Genteng Bukan Tsunami, Tapi Air Pasang

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – warga di Pantai Kalapa Condong, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi dibuat panik oleh fenomena air pasang pada hari ini, Kamis (27/12/2018). Pasalnya warga sempat mengira bahwa itu adalah tsunami.

Hal ini berdasarkan video amatir yang direkam oleh salah seorang warga. Pada video tersebut tergambarkan detik-detik air laut naik ke permukaan daratan. Warga pun lantas panik dan berlarian.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Ketua Forum Komunkasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiqi membantah bahwa itu adalah tsunami.

“Berdasarkan hasil cek lokasi dan konfirmasi ke masyarakat setempat oleh Koorpos SAR Surade, kejadian di video tersebut benar. Tapi itu bukan tsunami,” kata Okih kepada Radarsukabumi.com.

Menurut Okih, kejadian tersebut adalah air laut pasang yang merupakan fenomena alam biasa terjadi. Okih menjelaskan, kejadian air pasang normal musim angin barat.

“Ini kejadian yang normal terjadi karena sedang musim angin barat. Saat ini air pasang sudah biasa lagi dan kenaikannya bersifat tentatif,” papar Okih.

Okih pun menepis ihwal keteraitan kejadian air pasang di Pantai Kalapa Condong Ujung Genteng dengan tsunami di Selat Sunda atau erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Tidak ada kaitannya dengan tsunami Selat Sunda ataupun erupsi Gunung Anak Krakatau,” tegas dia.

Lanjut Okih, penyebab terjadinya air pasang adalah pada sore hari air laut memang pasang. Lalu ditambah dengan adanya dorongan angin barat.

“Jadi dorongan air pasangnya lebih jauh ke darat,” tutur Okih.

“Alhamdulillah sejauh ini tidak ada korban jiwa ataupun materi. Situasi kondisi aman dan terkendali,” pungkasnya.

(izo)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close