Kadisdik Jabar Siap Mundur Jika PPDB 2024 Terjadi Kecurangan, Catat Jadwalnya

Kick Off PPDB 2024 Disdik Jabar
Kick Off PPDB Jabar 2024. (foto: Ist/Disdik Jabar)

BANDUNG – Untuk mencegah terjadi kecurangan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat (Jabar) yang pelaksanaannya di mulai pada Juni 2024, mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya telah menginstruksikan kepada jajarannya mentaati aturan dalam pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK negeri tahun pelajaran 2024/2025.

Bacaan Lainnya

Bahkan Kadisdik pun berkomitmen bahwa pelaksanaan PPDB tahun ini bersih dari kecurangan, seperti ada titip-menitip siswa hingga jual beli kursi maka jabatannya sebagai Kadisdik Jabar dipertaruhkan.

“Jangan ada yang titip-menitip, kalau ada yang titip berarti saya mundur dari jabatan,” ungkap Kadisdik, kepada awak media, Rabu (8/5/2024).

Komitmen Kadisdik tersebut telah dilakukan dalam penandatanganan komitmen bersama dan pakta integritas PPDB 2024 dihadapan Forkopimda Jabar. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan PPDB di Jabar berjalan lancar, objektif, transparan, dan akuntabel.

Selain itu, Kadisdik juga menjelaskan soal jadwal pelaksanaan PPDB 2024 menurutnya, mengenai teknis pendaftaran calon siswa baru pada PPDB 2024 masih menggunakan sistem seperti tahun sebelumnya.

Pada tahun ini (2024), untuk tahap I dan II calon siswa bisa mendaftar melalui aplikasi Sapawarga. “Untuk teknis, itu relatif sama tapi hanya ada beberapa perubahan,” ujarnya.

“Tahun 2023 kemarin, aplikasi Sapawarga baru tahap ke II. Sekarang di tahap I sudah bisa. Di web Disdik juga sama. Semua informasi ada di situ,” sambungnya.

Kemudian, lanjutnya untuk jadwal pendaftaran PPDB 2024 akan dimulai pada 3-7 Juni 2024. Untuk tahap I yang didalamnya untuk jalur zonasi 50 persen dan untuk jalur keluarga ekonomi tidak mampu 15 persen.

“Untuk SMK prioritas yang dekat dengan keluarga ekonomi tidak mampu,” ucap Wahyu Mijaya.

Sedangkan tahap II akan dimulai pada 24-28 Juni 2024 untuk ketentuan calon siswa yang masuk melalui jalur prestasi dan lain sebagainya. “Pengumuman tahap I  yakni 19 Juni 2024 lalu dan tahap II di 5 Juli 2024,” terang Wahyu Mijaya. (Ron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *