BOGOR

SPBU di Bogor Hangus Dilalap Api

BOGOR— Kebakaran yang terjadi di SPBU 3416-109 Warung Jambu, Kota Bogor, Kamis (11/10) kemarin. Akibat peristiwa ini ditaksir menelan kerugian sebesar Rp 250 juta. Api melahap satu unit dispenser pom bensin dan dua unit sepeda motor di areal SPBU. Diketahui, SPBU tersebut milik atas nama Arnold Panjaitan.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor Marse Hendra mengatakan, dugaan sementara sumber kebakaran dari percikan motor yang mengenai nozle pengisian. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun dua sepeda motor milik pengendara turut menjadi korban.

Api yang cepat membesar. Petugas damkar menerjunkan sedikitnya 6 unit mobil pemadam. Diantaranya 4 unit dari Damkar Kota Bogor dan 2 lainnya dibantu dari Kabupaten Bogor. “Api terlihat di tempat pengisian motor. Akibat percikan itu, api langsung menyambar dan membesar. Api dapat dipadamkan pada pukul 18.25 WIB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (12/10).

Berita Terkait : Si Jago Merah Luluh Lantahkan SPBU di Warung Jambu, ni Videonya

Sementara menurut keterangan dari Kasat reskrim Kompol Polresta Bogor Agah Sonjaya, kronologis kebakaran SPBU bermula saat petugas pengisi BBM, Anto hendak melayani pembeli bernama Soleman pada pukul 17.30 WIB. Dengan mengendarai sepeda motor Mio, Soleman bermaksud membeli 110 liter pertalite yang diisi ke 4 buah jerigen.

Kemudian, karena ingin beristirahat makan, Anto menyerahkan selang pengisian BBM kepada Soleman untuk melakukan sendiri pengisian jerigen. Anto pun mengaku sudah berpamitan kepada Soleh Makmun yang merupakan rekan petugas pengisi BBM.

Soleh Makmun tidak bisa menggantikan tugas Anto, karena dirinya sedang melayani konsumen lain. “Di saat Soleman mengisi jerigen keempat, dia melihat ada api menyala pada ujung nozel pipa BBM dan dia berteriak, ada api!,” ujarnya.

Sementara saat seorang petugas keamanan Cucup Supriatna berusaha mendorong sepeda motor yang bermuatan jerigen BBM, justru terguling hingga BBM tumpah dan tersambar api yang masih menyala di ujung selang sehingga api membesar.

“Beberapa orang karyawan berusaha memadamkan api dengan menggunakan 2 buah tabung APAR besar dan 3 buah tabung APAR kecil sehingga api mulai kecil , selanjutnya datang 6 unit mobil pemadam kebakaran dan melakukan pemadaman api akhirnya api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

 

(net)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close