FeaturedKABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Melongok Kampeong Tempo Doeloe Cipetir Kadudampit

Dibangun 1930, Jadi Tempat Persembunyian Pejuang Lokal

Siapa sangka di sudut Kabupaten Sukabumi ada sejumlah bangunan rumah peninggalan jaman dulu yang masih terawat rapih. Wilayah yang berada di Barat Laut dari Pusat kota dinamakan kampoeng Tempo Doeloe yang berlokasi di Kampung Cijarian Panday, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit. Bagaimana kisahnya, berikut kisahnya

Laporan: Lupi Pajar Hermawan, Sukabumi

Dengan perjalanan yang memerlukan waktu sekitar 1 hingga 1,5 Jam dari pusat Kota Sukabumi, sudah bisa sampai ke lokasi. Pada saat di lokasi memang kita seolah bisa kembali pada tahun 1930an, suasana dan pemandangan bangunan itulah yang disuguhkan oleh

“Kampung Tempo Doeloe”. Betapa tidak, sedikitnya sembilan rumah mewah dizamannya dengan arsitektur khas jaman Belanda masih terawat rapih yang dihuni turun-temurun.

Namun demikian, tidak hanya rumah mewah yang disuguhkan kepada pengunjung ketika menyambangi Kampeong Tempo Doeloe itu, rentetan bangunan khas jadul itu juga menjadi saksi bisu perjuangan pada masa jaman penjajahan Belanda.

Hamid (87), salah seorang saksi sejarah Kampeong Tempo Doeloe yang masih ada hingga kini menceritakan sejarah deretan rumah mewah hingga kisah para pejuang yang bersembunyi di kampung itu. Dulu, rumah pertama berarsitektur jadul ini dibangun pada tahun 1925, hingga menyusul rumah lainnya dan sebuah masjid yang masih berdiri kokoh.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close