Fahri: KTP-El Tercecer Harus Diinvestigasi

JAKARTA– Pemerintah tidak bisa menganggap remeh temuan ribuan keping kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang tercecer di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini. “Pemerintah harus segera melakukan investigasi menyeluruh atas kasus itu,” kata Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah melalui pesan singkatnya yang diterima wartawan, Rabu (30/5).

Fahri minta pemerintah, khususnya pihak Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagi), tidak bersikap sepihak, tetapi harus dilakukan investigasi oleh pihak kepolisian agar bisa memberikan konfimasi tentang ribuan KTP-el yang tercecer itu.

Bacaan Lainnya

“Nanti kalau sudah dikatakan aman, nyatanya ada kejadian lagi, nah ini orang harus dihukum. Sekarang pun sudah harus dihukum mestinya, dengan keteledorannya itu,” kata anggota DPR asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu lagi. Sebab, ia khawatir KTP-el invalid tersebut disalahgunakan. Misalnya, untuk bahan kecurangan di Pilkada atau alat praktik korupsi.

“Lebih ekstrimnya lagi, KTP-KTP itu bisa dijadikan oleh terorisme untuk membuat akun-akun palsu dan juga untuk dipakai dalam berkomunkasi ilegal,” terang Fahri.

Sebelumnya, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menyatakan,dua dus KTP-el yang tercecer di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor, tidak bisa digunakan alias rusak. Dari pelacakan Kemendagri, ribuan keping KTP-el tersebut diambil dari gudang penyimpanan sementara di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 

(wid)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *