PHBS di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Ade Warman, AMK.SKM
Ade Warman, AMK.SKM Unit Promkes RSI.Assyifa Sukabumi

RADARSUKABUMI.com – Virus corona telah menyebar diberbagai belahan dunia, bukan hanya negara, provinsi atau kabupaten, tetapi sampai pelosok desa sekalipun virus ini telah menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan. Tingginya mobilitas penduduk antar daerah merupakan salah satu mata rantai penularan yang sulit diputus.

Oleh karena itu masyarakat diharapkan patuh akan Prokes yang di anjurkan pemerintah, termasuk salah satunya adalah PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ), serta mengikuti Vaksin yang telah di tetapkan.

Bacaan Lainnya

(PHBS) pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan sebagai materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

Mewabahnya penyebaran penyakit Corona Virus Diseases-19 atau dikenal dengan Covid19 yang menyebabkan bencana bagi masyarakat hingga mengakibatkan kematian ribuan jiwa diseluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Munculnya wabah penyakit ini mendorong pentingnya untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, masyarakat perlu mengetahui dengan pasti penularan dan cara pencegahan Covid-19 agar tidak terus mewabah. Masyarakat sangat disarankan untuk tinggal di rumah saja, harus menggunakan masker, pekerja/karyawan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH), selalu mencuci tangan dan menerapkan PHBS.

PHBS merupakan starategi yang dapat mencegah penyebaran Covod-19. Masyarakat terus dihimbau untuk meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, karena perilaku masyarakat sangat berperan penting dalam penurunan angka penyebaran Covid-19.

PHBS merupakan salah satu starategi dalam pencegahan penyebaran Covid -19 yang sangat efektif dan mudah dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Rekomendasi pemerintah terus menghimbau gerakan PHBS menjadi kunci pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa pandemik ini.

Melakukan PHBS diharapkan penyebaran Covid-19 dapat dihambat sehingga kejadian tidak bertambah. Oleh karena pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, perlu dilakukan pemberian informasi secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini yang mendasari pentingnya meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Berikut merupakan kiat kiat yang perlu dipahami untuk menyambut pola hidup bersih dan sehat.

Untuk mempraktikkan dan membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan dalam upaya mencegah Covid-19 dan meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dengan melakukan.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sesering mungkin, terutama saat tiba tempat kerja, sebelum dan setelah makan, setelah dari kamar mandi, sebelum memasang dan setelah melepas alat pelindung diri (APD), serta setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi.

Pastikan anda dalam kondisi sehat apabila berpergian ke luar rumah (emergency atau darurat). Selalu gunakan masker dan Hindari berkerumun dan jaga jarak aman.

Menurut penelitian, percikan droplet keluar dari mulut rata-rata sejauh 1,8 meter. Oleh karena itu jaga jarak dengan orang lain minimal dua meter. Jangan berkerumun karena sangat berpotensi terjadi penularan.

Hindari sentuhan fisik seperti bersalaman, karena bisa menjadi media penularan perpindahan virus dari tangan ke tangan. Saat memasuki tempat umum, seperti kantor, mall, dan restoran, usahakan untuk cuci tangan terlebih dahulu selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir.

Upayakan menggunakan kendaraan pribadi, istirahat cukup, lakukan aktivitas fisik atau olahraga teratur, Upayakan membayar secara non tunai. Apabila menerima uang dari orang lain, segera gunakan handsanitizer sesudahnya. Selalu bersihkan meja kerja/meja makan dengan disinfektan, gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift, Kurangi menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan.

Gunakan tissue bersih jika diperlukan. Saat tiba di rumah, usahakan segera mandi dan mencuci pakaian yang dipakai di luar. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri. Jika dirasa perlu, bersihkan handphone, kacamata, tas, dengan disinfektan secara berkala (KMK No. HK.01.07/MENKES/328/2020 )

Mari cegah penularan virus corona ini mulai dari kita, keluarga dan lingkungan sekitar. Upayakan perilaku menerapkan PHBS ini semaksimal mungkin. Dengan demikian laju penularan virus ini dapat kita hambat bahkan kita hilangkan.

Berdasarkan anjuran pemerintah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari penularan Covid-19. Mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan air bersih, dan mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan bagian dari PHBS yang diharapkan dapat menjadi kebiasaan untuk setiap individu terutama di situasi pandemic seperti saat ini.

Apabila mengalami keluhan kesehatan yang dicurigai Covid-19 segera konsultasikan ke dokter. Upayakan untuk menggunakan fasilitas konsultasi dengan dokter menggunakan telepon atau secara daring (telemedicine), atau menggunakan aplikasi konsultasi kesehatan, atau menghubungi call center Covid-19 setempat, dan lain lain ( berbagai sumber).

Salam Sehat Selalu, Ikhtiar dan Berdoa merupakan Kewajiban kita sebagai manusia, Mudah mudahan wabah ini segera berakhir, sehingga ekonomi kita bangkit demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *