Air Rendaman Daun Sirih Mempunyai Khasiat Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Darah Tinggi

Prima Trisna Aji
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji

RADAR SUKABUMI – Data penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi di dunia menduduki peringkat pertama di dunia dengan tingkat kematian tertinggi. Bahkan peringkat ini setiap tahun setiap hari terus bertambah dan menjadi masalah bagi penderitanya.

Tekanan darah tinggi hingga sekarang masih menjadi momok penyakit pada lanjut usia. Presentasi penderita hipertensi sebagian besar adalah masyarakat yang sudah mengalami lanjut usia.

Bacaan Lainnya

Pengerasan pembuluh darah dan aterosklerosis pada lansia merupakan penyebab utama terjadinya hipertensi yang sering terjadi pada lansia. Selain itu, faktor  degeneratif sistem tubuh manusia juga menjadi penyebab utama terjadinya hipertensi pada lansia.

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara tanpa obat. Kebanyakan masyarakat mengetahui bahwa menurunkan tekanan darah tinggi harus dengan obat. Sebenarnya dari penelitian untuk menurunkan tekanan darah bisa melakukan tindakan non farmakologis dimana cara melakukannya bisa tanpa obat.

Salah satu cara untuk mengendalikan tekanan darah tinggi adalah melalui tindakan non farmakologi atau kegiatan keperawatan mandiri. Salah satu tindakan mandiri keperawatan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi daun sirih.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih  sangat efektif dalam mendetoksifikasi tubuh manusia dan juga memiliki efek menurunkan tekanan darah. Selain itu daun sirih juga memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan mineral sangat dibutuhkan tubuh untuk asupan cairan serta mengembalikan sel yang sudah rusak.

Daun sirih sendiri merupakan tanaman asli Tiongkok, tumbuh liar di tembok dan di aliran sungai yang tergenang atau berarus deras. Tanaman ini  mudah ditemukan dan sangat mudah ditemukan di daerah pedesaan. Menurut penelitian, selain mampu menurunkan tekanan darah, daun sirih juga memiliki kegunaan.

Aktivitas oksidatif juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Kandungan daun sirih yaitu Alkaloid, Tanin, Saponin, polifenol, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri sangat efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Saat melakukan kerja bakti di desa Jumapolo, penyuluh bedah medik “Prima Trisna Aji” dalam ceramah kesehatannya menyampaikan  bahwa penggunaan rebusan daun sirih sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah  pada pasien hipertensi.

Selain itu, tanaman yang mudah didapat di dekatnya membuat terapi rebusan daun sirih ini menjadi metode pengobatan non-obat yang banyak digunakan masyarakat di pedesaan.

“Penelitian  saya menunjukkan bahwa merendam daun sirih mempunyai efek yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah, yang penting dosis dan takarannya tepat agar tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari seperti gangguan ginjal”, ujar Prima Trisna Aji kepada Redaksi Media Online.

Apabila kita konsumsi secara rutin rendaman air daun sirih maka bisa mengontrol tekanan darah supaya tidak terjadi lonjakan ekstrem tekanan darah tinggi pada penderita Hipertensi.*Red

Penulis : Prima Trisna Aji

Dosen Spesialis Medikal  Bedah

S3 PhD Lincoln College University Malaysia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *