Kecamatan

2019 Programkan Peningkatan Jalan, Sarana Air Bersih, dan Penanganan Sampah

KECAMATAN CIDAHU, KABUPATEN SUKABUMI

Ada tiga pembangunan bidang infrastruktur pada 2019 yang menjadi prioritas Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Pembangunan tersebut menyangkut jalan, air bersih, dan persampahan. Pemerintah Kecamatan Cidahu juga senantiasa memprioritaskan penerapan dari visi Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang menjadikan Kabupaten Sukabumi Religius dan Mandiri.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Camat Cidahu, Ading, S.Sos menerangkan saat ini pihaknya memfokuskan pada tiga sektor pembangunan di bidang infrastruktur. “Ini menyangkut perbaikan jalan, air bersih, dan penanganan persampahan,”katanya kepada Radar Sukabumi beberapa hari lalu.

Menurutnya untuk peningkatan jalan di wilayah Cidahu ada empat lokasi yang dibantu oleh Program Pisew. Keempat lokasi tersebut ada di Desa Jayabakti, Tangkil, Pasir Doton, dan Cidahu. Berdasarkan informasi dari pihak Kecamatan Cidahu, yakni dari Kasi Sarpras, jalan-jalan tersebut sudah ada yang selesai pengerjaannya seperti di Desa Jaya Bakti, ada juga yang mulai dikerjakan, seperti di Kampung Cidahu Desa Tangkil yang mulai dikerjakan pada Sabtu akhir pekan kemarin dan jalan di Kampung Manglid Desa Cidahu yang menurut kasi Sarpras kemarin juga baru turun materialnya dan menurutnya hari ini kemungkinan baru dikerjakan.

” Untuk Pisew di Desa Pasir Doton lokasinya ada di Kampung Papisangan dan rencananya di tahap terakhir,”katanya.

Sedangkan ada juga usulan peningkatan jalan berdasarkan hasil Musrenbang 2018 yang diharapkan bisa terealisasi pada 2019 (informasi dari Kasi Sarpras Kecamatan Cidahu dan merupakan program Dinas PU Kabupaten Sukabumi) antara lain, peningkatan ruas jalan Bangbayang-Cidahu (Jalan Ciloa) sepanjang lebih kurang satu kilometer, peningkatan ruas jalan Kampung Caringin-Cidahu, yaitu Jalur Pondok Kaso Tonggoh dan Pondok Kaso Tengah sepanjang lebih kurang 1, 5 Km, lalu peningkatan ruas Jalan Babakan Pari-Cidahu jalur Desa Tangkil sepanjang lebih kurang satu kilometer,dan pelebaran bahu jalan ruas Jalan Bojongsari-Cidahu Jalan Caringin-Cidahu yang panjangnya lebih kurang satu kilometer.

Selanjutnya, selain jalan, Kecamatan Cidahu juga sedang memfokuskan untuk penanganan air bersih. Di mana, menurut camat akan ada uji coba air bersih lanjutan dari PDAM yang mana pada 2018 sudah berjalan dan akan dilanjutkan pada 2019 untuk Desa Jaya Bakti, Tangkil, dan Babakan Pari. Ini juga menurutnya akan dibantu dari Bantuan P3K dan PDAM. Bagaimana model penyediaan air bersih, camat menerangkan bentuknya pipanisasi dari mata air Cipanas di Desa Pasir Doton kemudian ditarik ke Desa Jaya Bakti sepanjang lebih kurang dua kilometer kemudian diedarkan ke desa lainnya.

Program ketiga yang juga difokuskan pihaknya, menurut camat, adalah penanganan masalah sampah. Camat yang ditemani sekmat menerangkan untuk menangani sampah saat ini pihaknya memiliki 32 gerobak sampah yang merupakan bantuan untuk dari tahun sebelumnya. Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Persampahan untuk menangani masalah sampah di wilayah Kecamatan Cidahu.

Tidak hanya fokus di tiga infrastruktur tersebut pihaknya juga telah mengedepankan visi relijius bagi warga Cidahu dengan mendorong warganya untuk menggelorakan infak shodaqoh sampai ke desa-desa. Desa Tangkil menjadi percontohan dalam mengaplikasikan infak shodaqoh di wilayahnya. “Desa Tangkil menjadi pilot project program tersebut (infak shodaqoh ini),”tuturnya.

Hasil dari pengumpulan infak shodaqoh dari masyarakat bisa untuk membantu yang sakit atau warga yang meninggal. Kemandiran warga Desa Tangkil dalam menggelorakan program Infak Shodaqoh ini juga telah memiliki ambulans dari hasil infak shodaqoh warga Desa Tangkil yang terkumpul. (*)

Berpotensi Pengembangan UKM dan Wisata Lokal Curug Sawer

Camat Cidahu, Ading, S.Sos bersama sekmat menerangkan bahwa Kecamatan Cidahu memiliki delapan desa, antara lain, Cidahu, Jaya Bakti, Pondok Kaso Tengah, Pondok Kaso Tonggoh, Babakan Pari, Giri Jaya. dan Tangkil.

Kecamatan Cidahu memiliki sejumlah potensi antara lain, berkembangnya UKM seperti japlak khas Cidahu, pengrajin sapu ijuk di Tangkil, kue-kue kering di Desa Tangkil, bunga potong tanaman polidendrum di Desa Giri Jaya dan lain sebagainya. Kecamatan Cidahu juga memiliki potensi wisata lokal, yakni Curug Sawer di Desa Cidahu yang berada di lingkungan Javanasva yang ada kemping groundnya. (dit)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button