Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

278 Calhaj Dipastikan Sehat

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Kepala Kemenag Kota Sukabumi, A.Chalik Mawardi memastikan sebanyak 278 orang calon jamaah haji (Calhaj) asal Kota Sukabumi dalam keadaan sehat dan siap untuk melakukan ibadah haji. Saat ini ratusan jamaah tersebut sedang mengikuti tahapan akhir manasik haji tingkat Kota Sukabumi di gedung Pusat Kajian Islam (Pukis) Kota Sukabumi. “Alhamdulillah secara teknis semua jemaah siap berangkat,” ujar A. Chalik Mawardi, saat penutupan manasik haji, kemarin (11/7). “Terkait kesehatan calon jamaah haji semuanya dipastikan sehat, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan.” lanjutnya.

Ia menambahkan, untuk koordinasi lintas sektoral dengan instansi yang terlibat dalam pemberangkatan calon jemaah haji pun sudah selesai dilakukan. ” Semua paspor dan visa jemaah dipastikan selesai,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal, Calhaj asal Kota Sukabumi akan berangkat pada hari Selasa tanggal 16 Juli sekitar pukul 17.00 WIB menuju Asrama Haji Pondok Gede Bekasi. “Kita juga sudah menyampaikan ke Walikota Sukabumi, beliau pun sudah menyatakan siap untuk melepas keberangkat calon jamaah haji,” akunya.

Dari sebanyak 278 orang calon jamaah haji Kota Sukabumi, terdapat Calhaj yang lanjut usia. Chalik memastikan kesehatan jamaah yang berusia lanjut terus dipantau. ” Ibu Kadis Kesehatan sudah memerintahkan kepada Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) untuk memantau kesehatan para jamaah berusia lanjut,” jelasnya.

Sementara sistem zonasi, Chalik mengatakan sangat menguntungkan jaamah. Alasannya, jamaah ditempatkan sesuai dengan daerah asal masing-masing. Bahkan, petugas dan makanan disesuaikan dengan asal daerah masing-masing. “Calhaj Kota Sukabumi akan dikonsentrasikan di Misfalah bersama jamaah se-Jawa Barat. Ini untuk memudahkan komunikasi, makanan,” pungkasnya.

 

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan