Kampus

Gerakan Literasi dari Kampus ke Kampung

Sinergi Duta Kampus, LLC, Perpustakaan UMMI

SUKABUMI – Gerakan cinta literasi kepada generasi milenial, terus digalakkan. Seperti dilakukan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggandeng duta kampus bersama Library Lovers Community (LLC), menggelar Gerakan Local Literacy di Kampung Cidaweung, Desa Batulawang Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Kepala Perpustakaan UMMI Yanti Sundari mengatakan, gerakan ini merupakan bentuk pengabdian Perpustakaan UMMI kepada masyarakat. Selain itu, gerakan tersebut juga menghasilkan mahasiswa UMMI menjadi pegiat literasi.

“Dengan adanya kegiatan ini, tentu membumikan kembali budaya lokal yang ada di masyarakat, mengangkat kembali kondisi alam dan lingkungan sekitar, menggali potensi alam serta menggugah kembali untuk mencintai kearipan lokal,” ujarnya kepada Radar Sukabumi, Jumat (15/2).

Berbagai kegiatan dihadirkan, berikut materi literasi kesehatan dan literasi pendidikan biologi kepada peserta yang terdiri anak-anak di desa tersebut yang disampaikan Rizal Muhammad Firdaus, selaku Duta Pendidikan UMMI 2017/mahasiswa keperawatan tentang pengenalan tanaman obat herbal.

Sementara literasi pendidikan biologi dipaparkan Fivty Oktavia Astuti, Duta Literasi UMMI 2017/mahasiswa pendidikan biologi mengenai hewan berbahaya di lingkungan sekitar.

Rizal Muhammad Firdaus menjelaskan, gerakan tersebut diharapkan bisa menghasilkan masyarakat yang literat di berbagai bidang dengan memaksimalkan sumber daya yang ada di sekitarnya, mencerdaskan anak-anak dengan kearipan lokal dan menumbuhkan kebanggaan terhadap potensi alam sekitarnya.

“Target kita tidak hanya agar anak-anak gemar membaca dan menulis untuk menggiatkan budaya literasi, tetapi dengan mereka membaca bisa memahami isi. Seperti materi yang diberikan tentang lingkungan, mereka harus bisa menjaga dan merawat lingkungan untuk kelestarian di masa yang akan datang,” tutupnya. (wdy)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close