Kecamatan Warudoyong

Rutinkan Program Sapa Warga dan Jumat Bersih

Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong

Kegiatan sapa warga menjadi bagian penting dalam mendukung dan menyampaikan Visi Misi serta  program Pemerintah Kota Sukabumi kepada warga Kelurahan Warudoyong.

Laporan Hiti Robiah

Luas wilayah Kelurahan Warudoyong mencapai 43,09 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat dan Kelurahan Warudoyong memiliki 05 RW dan 32 RT.

Kelurahan Warudoyong yang dipimpin Lurah Warudoyong Iyan Rojiman, S.IP, MM ini saat ini fokus mendukung Visi Misi Wali dan Wakil Wali Kota Sukabumi agar mencapai Sukabumi Renyah (Religius, Aman dan Sejahtera).

“Kegiatan sapa warga dilakukan secara rutin pada Jumat sekaligus Jumsih (Jumat Bersih),” terang Iyan kepada Radar Sukabumi.

Iyan menyampaikan bahwa kegiatan sapa warga tersebut adalah kiat untuk menyampaikan informasi mengenai program-program pemerintah daerah kepada warga agar lebih detail dan mudah dipahami jika  dilakukan secara langsung pihak kelurahan.

“Pada kesempatan itu kami mengedukasi warga tentang manfaat Ambulance Sigap, Home Care dan  Rumah Singgah. Karena kadang penyampaian kepada warga belum dapat dilakukan secara detail jika kita di kantor, kami buat kegiatan rutin sapa warga di setiap RW,” jelasnya.

Selain program kesehatan yang disampaikan kepada warga, program religius seperti Magrib Mengaji,  Subuh Berjamaah dan Jumat Berjamaah turut diinformasikan kepada warga Kelurahan Warudoyong secara  rutin.

“Agar masyarakat tahu kita harus bergerak mewujudkan Visi dan Misi pemerintah daerah (Pemerintah Kota Sukabumi) untuk membangun Sukabumi Religius, Nyaman dan Sejahtera,” tegasnya.

Lalu Iyan menginfokan hal lain mengenai bantuan pinjaman kepada warga agar tidak terlilit rentenir.

” Pemerintah menggulirkan pinjaman pada masyarakat untuk menghindari rentenir. (Program tersebut adalah) Kredit  masjid sejahtera (Mesra) dengan rekomendasi ketua DKM dan Anyelir (Anti Pinjam ke Rentenir),” katanya.

Menurut Iyan, warganya belum banyak yang mengenal program pemerintah karena minimnya informasi  yang didapat.

“Sukabumi Kece itu bagus menurut saya, karena akan menciptakan pengusaha baru. Mereka (peserta) akan dilatih sebanyak tiga tahap, mulai pembinaan, lalu asah kemampuan, sampai bisa  melaksanakan usahanya. Namun tetap dengan pendampingan yang maksimal,” pungkasnya.(cr5/d)

Perkokoh Sinergi antar Masyarakat

Lurah Warudoyong Iyan Rojiman, S.IP.,MM

Lurah Warudoyong Iyan Rojiman, S.IP.,MM, merasa bangga atas pencapaian Kota Sukabumi karena pada 2018 mendapat penghargaan Adipura kembali.

“Harus bangga dan tugas kita sekarang hanya menjaga lingkungan bersih dan sehat. Penghargaan Adipura yang dimenangkan oleh kita tahun lalu masa kita tidak menjaganya,” imbuhnya Iyan.

Iyan menganggap harus ada kerja sama yang erat di seluruh warga Kelurahan Warudoyong.

“Saya berharap seluruh warga mau bekerja sama dan mendukung menciptakan lingkungan bersih dan nyaman. Setidaknya kita lakukan satu kali dalam seminggu yaitu Jumsih,” pungkasnya. (cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan