Kecamatan Lembursitu

Wilayah Pengembangan UKM, Wisata Edukasi

Pertanian dan Jasa Perdagangan

RADARSUKABUMI.com – Luas wilayah Kecamatan Lembursitu mencapai 889,763 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni sebanyak 40.236 jiwa dengan 12.457 kepala keluarga. Kecamatan Lembursitu memiliki 53 RW dan 184 RT. Kecamatan Lembursitu berpotensi pada pengembangan sektor UKM, Wisata Edukasi, Pertanian dan Jasa Perdagangan.

Laporan Hiti Robiah

Terdapat lima kelurahan yang berada di Kecamatan Lembursitu yakni Kelurahan Cikundul, kelurahan Cipanengah, Kelurahan Lembursitu, Kelurahan Sindangsari dan Kelurahan Situmekar.

Batas wilayah dari Kecamatan Lembursitu sebelah baratnya dengan Kecamatan Gungguruh Kabupaten Sukabumi dan sebelah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Baros, sebelah utaranya adalah Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, sedangkan sebelah selatannya berbatasan dengan Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi.

Kecamatan Lembursitu menurut Sekretaris Camat Lembursitu, Adrian Hariadi adalah kecamatan yang berkembang dalam sektor UKM, Wisata Edukasi, Pertanian dan Jasa Perdagangan. Jenis makanan yang diproduksi para penggiat UKM di

Kecamatan Lembursitu antara lain, rangginang, keripik pisang, keripik singkong dan lain sebagainya.Produk olahan makanan yang terbuat dari singkong, ketan dan pisang ini adalah hasil panen para petani di Kecamatan
Lembursitu. “Wilayah kita didominasi pertanian. Sehingga, sebagian hasil panennya diolah sebagai makanan ringan warga kami,” kata Andri kepada wartawan.

Bahkan olahan makanan ringan yang dimiliki warga Lembursitu dikenal hingga ke manca negara antara lain, Negara China, Kamboja, Singapura, dan Malaysia. “Jadi warga yang kebetulan kerja dan bertempat tinggal di luar negeri ketika pulang sering membawa olahan makanan hasil para penggiat UKM ini karena banyak yang pesan.

Semoga ke depannya kita bisa menjadi mitra dengan beberapa negara tersebut untuk mempromosikan makanan khas Sukabumi,” tuturnya seraya berharap. Pada sektor wisata edukasi, Kecamatan Lembursitu memiliki kekayaan alam dan pemandangan yang luar biasa. Terdapat

Pemandian Air Panas Cikundul dan di dalamnya juga ada Pasar Digital yang membuat warga Cikundul bisa berdagang sehingga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

Adapun hal lain yang dibanggakan Andri adalah perpustakaan wisata yang memanjakan para pembaca di perpustakaan sembari bermain perahu karet. “Kami punya perpustakaan yang dilengkapi kolam sebagai arena wisata yaitu dengan memberikan sarana perahu karet agar pembaca bisa sekaligus bertamasya sehingga dapat meningkatkan minat baca bagi pada warga lain juga karena menyenangkan,” ujarnya.

Karena, wilayah Kecamatan Lembursitu dikelilingi sungai tepatnya Sungai Cimandiri dan Sungai Cipelang maka sejumlah karang taruna berserta pihak kelurahan di Kelurahan Lembursitu berinisiatif untuk membuat Tubing di area Sungai Cimandiri dan juga dikenal dengan nama Maacih (Masyarakat Aliansi Cipelang Cimandiri Bersih).

“Para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam dan merasakan sensasi bermain tubing di Sungai Cimandiri namun kita juga mengimbauuntuk ikut serta menjaga kebersihan dengan kegiatan memungut sampah di sepanjang perjalanan sehingga tercipta lingkungan yang tetap bersih,” tandasnya.

Dia optimis ke depannya Kecamatan Lembursitu akan lebih maju dengan adanya tiga kelurahan yang telah ditunjuk sebagai Kelurahan Wisata. “Para pendatang yang akan datang ke Kota Sukabumi kami suguhi destinasi wisata yang luar biasa, mulai dari Kampung Warna, Pemandian Air Panas, Tubing dan lain-lain. Dan juga kedepannya kita akan membangun Situ,”
imbuhnya.

 

(cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan