Ribuan Pencaker Masih Nganggur

CIKOLE– Ribuan pencari kerja (pencaker) asal Kota Sukabumi yang tercatat pada Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrnas) periode September tahun ini belum tersalurkan ke dunia kerja. Masalahnya, selain lapangan kerja di Kota Sukabumi terbatas, para pencaker kurang memiliki kompetensi khusus yang sesuai dengan potensi yang ada.

Data yang dihimpun Radar Sukabumi, pencaker yang tercatat di Disnakertrans Kota Sukabumi periode September 2018 sebanyak 4.563, dari jumlah itu, sebanyak 1966 pencaker belum tersalurkan. Sedangkan dari sisi pendidikan, mayoritas di dominasi oleh lulusan SMA sederajat, disusul starata satu, SMP dan SD. Mayoritas, dari jumlah pencaker yang telah tersalurkan berada pada sektor industri.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi, Iyan Damayanti mengungkapkan, kendati masih cukup bnyak pencaker yang belum tersalurkan, namun target dari tahun ke tahun pendistribusian angkatan kerja tercapai.

“Jika dilihat daei seluruh pencaker yang tercatat, sisa yang belum tersalurkan memang hanya sekitar 20 persen saja. Karena memang, jika hanya mengandalkan kesempatan kerja di Kota Sukabumi terbatas, soalnya peluang yang ada harus memiliki kemampuan khusus, misal perhotelan dan juru masak,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (8/11).

Berbagai upaya, mulai dari pembukaan bursa kerja hingga mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai telah dilakukan Pemerintah Kota Sukabumi untuk terus menekan angka pengangguran. Dengan begitu, Iyan meyakini para pengangguran terbuka terserap pada dunia kerja baik di Kota Sukabumi maupun luar daerah.

“Termasuk kita arahkan agar para lulusan setiap angkatan kerja untuk menjadi wirausahawan baru, hal itu senada juga dengan program pemerintah Kota Sukabumi saat ini. Alhamdulilah, setiap tahun tidak kurang dari 5.000 pencaker tersalurkan,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *