BERITA UTAMADinas Pertanian

Pemkab Sukabumi Bakal Kembangkan Bawang Merah

SIMPENAN – Untuk meningkatkan produktivitas dan mutu tanaman hortikultura berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi mendorong para petani mengembangkan tanaman bawang merah. Selasa (12/11), Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menghadiri gerakan panen dan tanam bawang merah di Desa Loji, Kecamatan Simpenan.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sukabumi, Sudrajat mengatakan, gerakan panen dan tanam bawang merah ini untuk melihat mutu tanaman hortikultura khususnya bawang merah.

“Luas lahan pertanian tanaman bawang merah yang dipanen kali ini sekitar 1000 meter2, luas lahan yang dipanen di Kelompok Tani Tegallega sekitar 1000 meter2 dan jumlah totalnya yaitu 17,5 hektare,” sebut Sudrajat, Selasa (12/11).

Jika sudah selesai dipanen, lanjut Sudrajat, pihaknya akan menghitung hasil bawang merah yang dipanen para petani ini dan akan terus berupaya dikembangkan.

“Kami akan berupaya mengembangkan tanaman bawang merah ini. Saat ini kita lihat dulu hasil yang didapat para petani,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengapresiasi kerja keras para petani untuk terus berupaya mengembangkan tanaman bawang merah di Kabupaten sukabumi.

“Acara saat ini bukan sekadar seremonial semata, tetapi harus dapat memotivasi petani meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya bawang merah dan melakukan percepatan olah tanah, sehingga sasaran produktivitas dapat tercapai,” paparnya.

Menurutnya, Pemkab Sukabumi akan terus mendorong para petani dalam mengembangkan bawang merah supaya lebih intensif dan produktif.

“Petani harus bisa berinovasi dalam mengolah bawang merah ini, jangan hanya pas panen langsung dijual tetapi harus dikelola dan dikembangkan dengan baik. Nanti kita akan dorong agar petani berinovasi,” ujarnya.

Misalnya, sambung Marwan, membuat olahan berbahan dasar bawang merah sehinga nilai jual bawang merah akan lebih baik dan kesejahteraan bagi para petanipun akan terus meningkat.

“Mudah-mudahan dengan adanya dorongan dari pemerintah para petani bisa berinovasi untuk terus mengembangkan olahan yang berbahan dasar bawang merah,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button