5 Makanan Ciri Khas Ramadan, Kolak Hingga Es pisang ijo

Makanan Ciri Khas Ramadan
Makanan Ciri Khas Ramadan

JAKARTA — Bulan Ramadan akhirnya tiba, berbagai kegiatan dan tradisi dilakukan oleh umat Islam untuk menyambut bulan suci. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah menyantap hidangan-hidangan khas buka puasa mulai dari kolak, mie glosor, dan es pisang ijo.

Saat Ramadhan, deretan kuliner tersebut mendadak lebih mudah ditemukan di mana-mana dibandingkan dengan bulan biasa

Bacaan Lainnya

1.Kolak

Kolak tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hidangan yang satu ini sudah sangat identik sebagai takjil berbuka puasa, sehingga tak lengkap rasanya jika tak menyantap kolak di bulan Ramadhan.

Untuk membuat kolak, umumnya bahan-bahan yang digunakan adalah pisang, ubi, dan kolang-kaling. Cara membuatnya, rebus air dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, serta sejumput garam hingga mendidih, kemudian masukkan pisang, ubi, dan kolang-kaling, lalu masukkan santan, masak hingga kuahnya mengental.

2. Ketan Bintul

Makanan khas Banten selalu diburu saat bulan Ramadhan tiba. Ketan bintul memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih berkat taburan bumbu serundeng di atasnya.

Cara membuat ketan bintul adalah kukus ketan yang telah direndam semalaman selama 20 menit. Kemudian, masak santan dengan garam dan pandan, kemudian campurkan dengan ketan. Kukus kembali ketan selama 20 menit, lalu tumpuk hingga lembut dan bentuk ketan sesuai selera. Setelah itu, sajikan dengan taburan serundeng kelapa.

3.Mie Glosor

Mie glosor merupakan makanan buka puasa yang banyak diminati oleh warga Bogor. Mie glosor sendiri merupakan mie yang terbuat dari tepung singkong atau aci yang dicampur dengan kunyit.

Pos terkait