Simak 6 Manfaat Merendamkan Kaki di Air Dingin

Ilustrasi merendam kaki di air dingin (The Spruce/Leticia Almeida)
Ilustrasi merendam kaki di air dingin (The Spruce/Leticia Almeida)

JAKARTA -– Manfaat Merendam kaki di dalam air dingin mungkin hal yang jarang dilakukan karena mayoritas orang selalu menggunakan air hangat dari pada air dingin.

Namun, banyak orang tidak ketahui adalah bahwa tidak hanya merendamkan kaki di air hangat yang memberikan manfaat bagi kesehatan, tapi menggunakan air dingin juga memberikan manfaat bagus bagi tubuh.

Bacaan Lainnya

Meskipun pada awalnya akan terasa dingin dan tidak nyaman, namun seiring waktu maka anda akan terbiasa dan bisa merasakan manfaat yang didapat dari merendamkan kaki di dalam air dingin.

Hal tersebut dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada otot kaki. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaatnya, anda bisa membaca informasi lengkapnya yang dikutip dari Snotub Australia ini.

1. Mengurangi peradangan pada otot kaki

Merendam kaki dalam air dingin dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Baik untuk memulihkan diri dari cedera atau mengatasi nyeri kaki secara umum, mandi air dingin dapat memberikan ketenangan dengan membuat area tersebut mati rasa dan mengurangi ketidaknyamanan yang membuatnya dapat menawarkan solusi anti-inflamasi yang alami dan efektif.

2. Meredakan rasa sakit

Dengan merendamkan kaki dalam air dingin, maka itu bisa menjadikannya sebagai analgesik (obat pereda nyeri) alami dengan cara mematikan ujung saraf.

Orang-orang yang bergulat dengan nyeri kaki akibat kondisi seperti plantar fasciitis, arthritis, atau penggunaan berlebihan mendapatkan bantuan sementara namun substansial melalui metode ini.

Suhu dingin mengurangi sensasi rasa sakit, dan memberikan efek samping yang nyaman setelahnya.

3. Meningkatkan pemulihan

Sering dianggap oleh para atlet sebagai bagian penting dari program pemulihan mereka, mandi air dingin pada kaki berperan penting setelah selesai melakukan latihan intensif atau aktivitas olahraga berat.

Dengan merendam kaki dalam air dingin, nyeri otot berkurang, mempercepat proses pemulihan dengan meminimalkan kelelahan otot dan mencegah kerusakan yang tidak semestinya, sehingga memungkinkan pemulihan lebih cepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *