Liputan KhususSUKABUMI

22 Orang Jadi Korban Ganasnya Laut Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Selama sepekan, tepatny dari tanggal 6 hingga 11 Juni 2019 telah terjadi 13 kasus kecelakaan laut (laka laut) di kawasan Pantai Selatan Sukabumi. Dari jumlah kasus tersebut terdata 22 orang korban, satu di antaranya tewas tenggelam.

Kepala Operasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepuloh mengatakan, kasus pertama yakni saat lebaran hari kedua atau tepatnya pada hari Kamis, 6 Juni 2019.

“Di hari tersebut terjadi 2 kasus laka laut dengan jumlah korban sebanyak 3 orang. Alhamdulillah semua selamat,” kata Asep Edom berdasarkan data yang diterima kepada Radarsukabumi.com, Selasa (11/6/2019).

Diketahui pula pada hari tersebut, dua di antara korban tenggelam merupakan warga negara asing dari Yaman atas nama Mohammad (16) dan Ahmad (13) dengan lokasi kejadian di Pos Inna Samudra Beach Hotel (SBH) Karang Naya, Palabuhanratu.

Selanjutnya hampir setiap hari terjadi laka laut dengan jumlah korban lebih dari satu. Terkahir, yakni pada hari ini Selasa (11/6/2019) kembali terjadi dua kasus laka laut dengan mengakibatkan tiga orang korban, satu meninggal dunia.

“Sebelumnya terselamatkan berkat kesigapan personil Balawisata di lapangan. Tapi hari ini ternyata satu orang meninggal dunia. Kami sudah melakukan upaya penyelamatan tapi ternyata saat kejadian tadi sore, arus ombak pasang sangat kencang sehingga kami kewalahan,” beber Asep Edom.

Yang menarik dari kasus ini, sebagian besar korban tenggelam adalah wisatawan dari Bogor yang berusia masih belia, yakni di bawah 17 tahun.

“Kebetulan korbannya ada cukup banyak dari Bogor. Usianya belasan tahun,” sebut dia.

Untuk korban tewas atas nama Ilham Hendika (17) sedang ditangani oleh tim medis dan kepolisian dari Polres Sukabumi.

“Selanjutnya kami dari Balawista Kabupaten Sukabumi lanjut dengan melakukan tugas rutin musim liburan sampai dengan hari Minggu 16 juni 2019,” pungkasnya.

(izo/rs)

Berikut ini linimasa kecelakaan laut di Sukabumi:

1. Kamis 6 Juni 2019
– di Pos Karang Hawu I: 1 orang terselamatkan
– di Pos Inna Samudra Beach Hotel (SBH) Karang Naya: 2 orang terselamatkan

2. Jumat 7 Juni 2019
– di Pos Karang Hawu Kebon Kelapa: 2 orang terselamatkan
– di lapang Kadaka: 3 orang terselamatkan

3. Sabtu 8 Juni 2019
– di Pos Citepus: 3 orang terselamatkan
– di Pos Sanset Karang Papak: 1 orang terselamatkan

4. Minggu 9 Juni 2019
– di pos IP/NR: 1 orang terselamatkan

5. Senin 10 Juni 2019
– pukul 07.00 WIB di pos Pantai Istiqomah Citepus: 3 orang terselamatkan (1 orang kritis sudah ditangani RSUD Palabuhanratu) semua korban selamat
– pukul 16.30 di Pos Karang Hawu Kebon Kelapa: 1 orang terselamatkan

6. Selasa 11 Juni 2019
– pukul 08.10 WIB di pos Nambo Gurilap Cisolok: 1 orang terselamatkan
– pukul 09.00 WIB di Pos Karang Hawu Kebon Kelapa Cisolok: 1 orang terselamatkan (saudara Muksin penolong/lifeguard Balawista hampir jadi korban waktu menolong karena terjepit diantara karang)
– pukul 10.30 WIB di Pos Istiqomah Citepus: 1 orang terselamatkan
– pukul 15.30 WIB di Pos Karang Hawu Kebon Kelapa Cisolok: 2 orang korban (satu selamat, satu orang lagi meninggal dunia)

Sumber: Balawisata Kabupaten Sukabumi

Tags

Tinggalkan Balasan