RS Betha Medika

Menghadapi Persalinan dengan Bahagia

Persalinan yang bahagia merupakan persalinan yang perlu persiapan, memasuki usia kandungan trimester 3 tentunya banyak hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi persalinan baik itu persiapan secara mental, perlengkapan yang harus disiapkan dan biaya persalinan.

Meskipun persalinan merupakan hal yang di nantikan namun bagi beberapa ibu hamil persalinan menimbulkan perasaan yang menakutkan dengan begitu perlu dipersiapkan sejak jauh hari.

Mempersiapkan mental tentunya harus disiapkan sejak awal kehamilan, bunda dapat mencari informasi mengenai perkembangan janin, kesehatan fisik bunda dan bagaimana perencanaan cara lahir.

Semakin banyak informasi yang di dapat semakin siap bunda menghadapinya. Peran suami dan keluarga tentunya akan sangat berpengaruh dalam mempersiapakan persalinan, bunda dapat mencurahkan dan berbagi keresahan dan rasa takut dalam menghadapi persalinan kepada suami dan keluarga sehingga rasa takut akan berkurang.

Tak kalah penting perlengkapan bunda dan bayi baru lahir harus di persiapkan dengan matang, contoh daftar prioritas yang harus di siapkan oleh bunda untuk persalinan dan bayi baru lahir saat datang ke fasilitas kesehatan diantaranya:

  1. Kartu identitas (KTP, SIM atau kartu identitas lainnya), kartu asuransi, dan setiap dokumen penting termasuk pemeriksaan rutin dokter atau bidan
  2. Baju ganti, minimal untuk 3 hari. Sebisa mungkin pilihlah baju longgar dan dan nyaman dipakai
  3. Sarung atau kain jahit untuk memudahkan gerak
  4. Pakaian dalam minimal untuk 3 hari
  5. Perlengkapan mandi
  6. Pembalut
  7. Barang yang dapat meredakan kecemasan dan lebih rileks menjelang persalinan, misalnya: bantal kesayangan, pemutar musik MP3, foto pasangan, buku tentang persiapan persalinan, snack, dan sebagainya
  8. Baju bayi baru lahir, minimal untuk 3 hari
  9. Popok bayi atau diapers persiapkan sebanyak mungkin
  10. Topi untuk menghangatkan kepala
  11. Kaus kaki untuk menjaga agar kaki bayi tetap hangat
  12. Selimut dan kain pernel bayi untuk membungkus bayi agar tetap hangat.
  13. Tisu basah yang dirancang untuk bayi baru lahir atau kulit sensitif
  14. Sarung tangan, karena kebanyakan bayi baru lahir memiliki kuku panjang, sehingga mencegah mereka untuk menggaruk wajah dan bagian tubuh lainnya.

Daftar tersebut merupakan daftar pelengkapan secara umum yang dapat bunda persiapkan. Dan setiap fasilitas kesehatan memiliki standar tersendiri.

Biaya persalinan yang sering terlupakan oleh sebagian ibu bersalin akan menjadi masalah jika tidak disiapakan sejak jauh hari informasi yang harus di cari diantaranya adalah tarif persalinan dan cara bayar persalinan di tempat persalinan yang akan dituju.

Bunda dan suami harus pempersiapkan cara bayar saat akan bersalin.

Bunda dapat memilih cara bayar tunai, jaminan asuransi kesehatan swasta atau jaminan kesehatan dari pemerintah sesuai kemampuan bunda.

Dalam mempersiapkan semuanya, Bunda tentu perlu bantuan dari suami atau keluarga. Suami dan keluarga perlu tahu kapan perkiraan hari lahir. Sehingga saat Bunda merasakan kontraksi dan membutuhkan bantuan, suami maupun keluarga sudah siap membantu.

Persiapan yang matang akan mempermudah bunda dalam menghadapi persalinan sehingga harapan bunda bersalin dengan bahagia dapat tercapai, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar persalinan berjalan dengan lancar, bunda dan bayi sehat selamat.

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini kepada kerabat dan keluarga di rumah yaaa… Salam semakin sehat dari kami, keluarga besar RS Betha Medika. (/*)

Tags

Tinggalkan Balasan