Bagaimana Mencegah Penularan COVID-19 pada Anak?

Oleh : Dr. Dhyniek Nurul FLA,Sp.A
Dokter Spesialis Anak RS Betha Medika

BEBERAPA bulan terakhir ini dunia sedang dilanda kecemasan karena pandemi COVID-19. COVID-19 adalah penyakit saluran napas yang disebabkan oleh virus corona , yang baru ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Penyakitnya disebut Coronavirus Disease 19. Virus penyebab penyakit ini disebut dengan 2019 Novel Corona Virus atau nama lainnya adalah SARS Coronavirus 2.

Bacaan Lainnya

Penularan COVID-19 tidak hanya terjadi pada dewasa, namun juga dapat terjadi pada anak.

Bagaimana anak bisa tertular virus corona?

Penularan virus corona yang pertama terjadi melalui droplet atau dalam bahasa umumnya kita sebut percik renik, bisa berasal dari batuk, dari ludah, ataupun dari bersin.

Ketika seorang anak batuk, meludah atau bersin, maka ketika sekret saluran napas itu keluar, dia akan jatuh pada jarak satu meter, kemudian akan terkena permukaan yang ada di sekitarnya.

Nah, ini penting sekali dipahami untuk pencegahan infeksi, karena ketika kita batuk atau bersin dan sekretnya jatuh ke permukaan, otomatis permukaan tersebut akan menjadi sumber infeksi.

Untuk mencegah penularan virus corona, yang perlu dilakukan pertama adalah menghindari perjalanan ke daerah terjangkit, karena daerah terjangkit terus bertambah, maka kita harus terus meng-update diri kita daerah mana saja yang sudah terkonfirmasi terjangkit virus corona.

Kedua, kita harus menghindari perjalanan yang tidak terlalu penting atau urgent terutama ke daerah-daerah yang padat. Ketiga, yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan tangan.

Jadi sesering mungkin melakukan cuci tangan, bisa dengan air dan sabun atau jika tidak tersedia kita dapat melakukan pencucian tangan dengan larutan yang mengandung alkohol. Kemudian kita juga harus mengajarkan anak untuk mengerti etika batuk.

Ketika batuk anak diajarkan bagaimana cara batuk yang baik dan benar sehingga tidak menularkan ke orang lain. Juga diajarkan kalau sakit sebaiknya tinggal di rumah, tidak masuk sekolah, dan jika terpaksa bepergian anak disarankan menggunakan masker dengan cara yang benar.

Hal lain yang penting untuk diajarkan adalah hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut. Karena dengan menyentuh hidung, mata, dan mulut kita bisa menyebarkan virus corona atau memasukkan virus corona ke dalam badan kita.

Apabila terpaksa harus melakukan perjalanan, maka kita dapat mengajarkan ke anak untuk sering melakukan cuci tangan karena cuci tangan dapat memutuskan transmisi corona. Kemudian ajarkan juga anak untuk melakukan etika bersin dan batuk serta ajarkan juga anak untuk berludah pada tempatnya.

Yang terakhir, jika anak mengalami gejala infeksi saluran pernafasan seperti batuk pilek atau demam, pastikan anak menggunakan masker dan hindari bepergian ke area yang padat. Semoga Bermanfaat dan Salam semakin sehat dari kami keluarga besar RS Betha Medika Stay safe…(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *