Resmikan Festival Kuliner, Iriana : Majukan Bangsa Sendiri Melalui Kuliner Nusantara

Iriana Jokowi Resmikan Festival Kuliner , Minggu (7/4/2019).

DEPOK – Iriana Joko Widodo resmikan festival lomba kuliner di Mal Pesona Square Kota Depok bertajuk “Ragam Kuliner Nusantara”. Didampingi Mufidah Jusuf Kalla, Iriana berjanji selalu konsisten mengangkat kuliner nusantara, Minggu (7/4/2019).

Iriana hadir atas undangan Perempuan Jenggala, yang bertindak selaku penggagas acara dan sekaligus institusi pemenangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf. Untuk diketahui Perempuan Jenggala merupakan sebuah intitusi sosial yang berada dibawah naungan Jenggala Centre, yang hadir untuk mengedukasi dan memperjuangkan hak-hak masyarakat.

Bacaan Lainnya

Didirikan oleh kumpulan perempuan lintas profesi dan lintas pengusaha yang sama-sama memiliki komitmen atas rasa kemanusiaan.

Kehadiran Iriana dan Mufidah, dikatakan komunitas Perempuan Jenggala, merupakan bagian dari kunjungan silahturahmi kepada masyarakat di kota Depok.

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa mengatakan tahun ini tema yang diangkat adalah kreasi kue tradisional dengan menghadirkan dua orang juri yang sudah malang melintang di dunia kuliner yaitu, Zaurah Hasfian dari Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI), dan akademisi boga Hera Heryani.

Lomba yang diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai macam UMKM kuliner di Indonesia menghadirkan ragam kuliner yang hadir antara lain kue cucur, getuk, kasidah, binka bakar, binka kukus, onde sosis, kueku, mangkok mekar. Ada juga kue bugis, lapis pepe, bubur sumsum, klepon, cendil kuah dan lainnya.

Vicky pun mengatakan peran perempuan terhadap berkembangnya industri kuliner sungguh luar biasa. Oleh karena itu dengan adanya acara tahunan Perempuan Jenggala ini, diharapkan dapat memotivasi wanita Indonesia untuk terus mengembangkan dan menjaga kebudayaan kuliner Indonesia.

“Bersama dengan “Ragam Kuliner Nusantara”, Perempuan Jenggala bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) menggelar donor darah dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat,” katanya.

Kegiatan yang juga dilaksanakan bersamaan adalah giat pasar sembako murah Perempuan Jenggala, yang ditujukan untuk masyarakat depok yang membutuhkan.

“Kami mengundang 1.500 masyarakat yang ditujukan bagi masyarakat Depok agar dapat membeli sembako dengan harga yang jauh dibawah harga pasar,” jelas Vicky.

Sementara, Dengan digelarnya kegiatan tersebut Iriana berharap peserta pameran kuliner dapat mengembangkan kuliner nusantara melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) guna mendukung perekononian keluarga sekaligus untuk bangsa.

“Mari kita majukan bangsa kita sendiri melalui kuliner nusantara usaha mikro kecil menengah,” ujar Iriana usai meninjau para peserta pameran kuliner. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *