KOTA SUKABUMI

Para Pejabat “Takut” Jadi Sekda

CIKOLE – Keberanian para pejabat tinggi untuk mengisi jabatan sekretaris daerah rupanya masih dipertanyakan. Terbukti, pasca ditutupnya masa pendaftaran seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, hanya empat eselon II yang berani mendaftar sebagai sekda.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, pasca ditutupnya seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di lingkungan Pemrintah Kota Sukabumi pada 4 Maret 2019 pukul 16:00 WIB, sebanyak 34 Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon II mendaftar.

Dengan rincian, delapan pejabat mendaftar sebagai Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan, Enam mendaftar sebagai Kepala Dinas Sosial, Sembilan mendaftar sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja, Tujuh mendaftar sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat dan Empat mendaftar sebagai Sekretaris Daerah Kota Sukabumi.

Sedangkan pejabat yang mendaftar menjadi Sekretaris Daerah Kota Sukabumi yakni, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi, Dida Sembada. Kardina Karsoedi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian ( Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi Ayep Supriatna serta Asisten Daerah (Asda) 1 Pemkot Sukabumi, Andri Setiawan.

Sekretaris Tim Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama, Taufik Bidayah menyampaikan, masa pendaftaran seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama telah resmi ditutup. Tahapan selanjutnya, pihaknya bakal melakukan penilaian dan evalusi berkas pendaftaran para calon JPT Pratama.

“Ya sudah resmi ditutup, 34 eselon dua mendaftar di lima JPT pratama yang diseleksi. Selanjutnya, kami akan melakukan tahapan penilaian dan evaluasi berkas pendaftaran dari masing-masing pendaftar,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (4/3).

Setelah panitia melakukan penilaian dan evalusi berkas pendaftaran, lanjut Taufik, pihaknya bakal mengumumkan calon yang lolos seleksi administrasi tersebut. Kemudian, tahapan selanjutnya yakni kompetensi dan penulisan makalah dan wawancara.

“Ya, nanti kami akan umumkan dalam setiap tahapan, hingga pada akhirnya 23 Maret 2018 juta umumkan tiga terbaik dari masing-masing JPT Pratama yang dilelangkan,” sebutnya.

Untuk tahapan selanjutnya itu, akan dilakukan oleh asesmen center BPIP Unpad di Bandung dan panitia seleksi yang terdiri dari Kepala BKD Provinsi, Akademisi hingga guru besar. “Untuk penentuan kapan JPT Pratama itu terisi, tergantung kepala daerah dan Komisi Aparatur Sipil Negera,” pungkasnya. (upi/t)

PENDAFTARAN JABATAN ESELON II

JABATAN JUMLAH PENDAFTAR

  • SEKDA Empat Orang
  • ASISTEN DAERAH Delapan Orang
  • KEPALA DINAS SOSIAL Enam Orang
  • KEPALA DISNAKERTRANS Sembilan Orang
  • KEPALA DISDALDUK Tujuh Orang
Tags

Tinggalkan Balasan