JAWA BARAT

KBB Rawan Longsor, Satu Rumah Rusak Berat

KBB— Bencana tanah longsor menerjang sepuluh rumah di Kampung Cibologontok RT3 RW 15 Desa Mandalasari Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat, kemarin (6/12). Dari jumlah tersebut,
satu unit rumah rusak berat sementara sembilan lainnya terancam pergerakan tanah.

Kasie Trantibum Kecamatan Cikalong Wetan, Pipin Irawan menerangkan, longsor tebing sepanjang 20 meter dengan ketinggian 15 meter diawali intensitas hujan tinggi pada Rabu (5/12).

“Lonsor dipicu hujan deras pada hari Rabu (5/12) dari jam 10.00 WIB hingga keesokan harinya kamis (6/12) Jam 07.30 WIB,” kata Pipin.

Material longsoran menimbun satu rumah rusak berat milik Subaryat (61) dihuni dua orang, sementara sembilan rumah lainnya terancam pergerakan tanah. Di sembilan rumah ini lantai dan dinding diketahui terjadi retakan.

“Sebanyak dua unit rumah terancam gerusan longsoran dan satu unit rumah rusak berat, tujuh rumah terancam pergeseran tanah, dengan tanda-tanda retakan pada rumah dan retakan pada tanah yang melintang secara vertikal,” jelasnya.

Petugas gabungan bersama warga telah melakukan evakuasi pembersihan material tanah di rumah terdampak dan mengimbau penghuni rumah untuk mewaspadai pergerakan tanah manakala hujan deras kembali turun.

“Kontur longsoran berupa tebing dengan kondisi tanah masih labil, kami imbau mengungsi jika terlihat tanda pergerakan tanah maupun turun hujan deras kembali,” katanya.

 

(net)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close