Ini Hari-hari Penting di Bulan November

21 November: Hari Pohon Sedunia

Bacaan Lainnya

Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 November. Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, ia merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Alasannya adalah ia sangat berharap adanya pohon untuk berteduh, pemecah angin dan fungsi pohon lainnya. Tujuan hari pohon yaitu untuk meningkatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna dan membuat iklim mikro yang baik.

25 November: Hari Guru

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Di dalam kongres ini, 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia

Pada tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Berdasarkan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh masyarakat Indonesia dalam menanam pohon melalui Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon sejak tahun 2007 lalu.

29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai Badan Usaha Mandiri Negara (BUMN), Badan Usaha Mandiri Daerah (BUMD) serta anak perusahaan dan perangkat Pemerintah Desa. Korpri didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia.

(pikiranrakyat/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *