KABUPATEN SUKABUMIPILGUB JABAR

Hari Ini 141 Kotak Suara Dibongkar

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi berencana memplenokan hasil pemungitan suara pemilihan Gibernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2018-2023. Pleno bakal berlangsung di Hotel Agusta Citepus Palabuhanratu, hari ini (4/7).

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Dede Heryadi menyebutkan, ada 141 kotak suara yang akan dibongkar dan direkap. Saat ini, kondisinya masih tersegel rapi. “Jumlah itu dari tiap PPS 3 kotak. Dikalikan 47 KPPS,” kata Dede kepada Radar Sukabumi di sela-sela persiapan rapat pleno, kemarin (3/7).

Dede mengaku, partisipasi pemilih dalam pilkada kali ini mengalami kenaikan lima persen jika dibandingkan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2015 lalu. Dirinya mengklaim, pihaknya telah berhasil dalam penyelenggaraan pilkada kali ini. Kenaikan lima persen itu dari 59 persen dan kini partisipasi politik masyarakat mencapai 64 persen.

“Kehadiran 64 persen masyarakat dalam menentukan calon Gubernur dan Wakil Gibernur Jabar itu dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1,801.992. Meski dirinya menyadari, pencapaian 64 persen partisipasi masyarakat itu tidak memenuhi target nasional 77,5 persen. “Ya tentu harus kita sadari, kalau diukur dengan target nasional memang tidak tercapai. Tapi ada kebanggaan karena ada kenaikan lima persen dibanding dengan Pilbup 2015 itu,” ulasnya.

Dede juga mengklaim, sejak digelarnya proses pilkada Jabar 2018 ini, tidak ada masalah yang signifikan. Pihaknya juga tidak menerima komplain hasil pemungutan suara. “Selama proses tidak ada pengaduan, baik dari Panwas, saksi atau pun dari warga yang mengawasi. Kecuali kalau wartawan ada temuan, silahkan laporkan. Alhamdulillah prosesnya aman dan lancar,” imbuhnya.

Soal hasil penghitungan, Dede belum bisa menyampailannya. Ia mempersilahkan untuk mengikuti pleno yang akan berlangsung hari ini. “Kalau penasaran, silahksn buka situs resmi KPU,” tukasnya. Sementara itu, persiapan itu mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian. (ryl)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close