Tumbangkan Wakil Amerika Selatan, Jepang Harumkan Nama Asia

RUSIA— Kemenangan Jepang atas Kolombia dengan skor 2-1 di Mordovia Arena, Selasa (19/6) malam WIB bermakna besar untuk sepak bola Asia. Jepang adalah negara Asia pertama yang mengalahkan utusan Amerika Selatan di pentas Piala Dunia.

Jepang memang diuntungkan karena Kolombia bermain dengan sepuluh orang sejak menit ketiga. Wasit Damir Skomina asal Slovenia mengusir Carlos Sanchez karena dianggap sengaja menghalau tendangan Shinji Kagawa dengan tangannya.

Bacaan Lainnya

Dua gol Jepang dicetak oleh Kagawa melalui eksekusi penalti pada menit keenam, serta tandukan Yuya Osako pada menit ke-73. Gol semaya wayang Kolombia lahir dari tendangan bebas mendatar Juan Quintero pada menit ke-39.
Timnas Jepang, Timnas Kolombia, Piala Dunia 2018, Kemenangan Asia

Hasil pertandingan malam ini tercatat sebagai kemenangan pertama Jepang atas Kolombia. Jepang juga menorehkan rekor sebagai negara Asia pertama yang berhasil mengalahkan wakil Amerika Latin di pentas Piala Dunia.

Bersama Iran, Jepang menjadi dua negara Asia yang sukses menorehkan kemenangan pada laga pertama Piala Dunia 2018 di Rusia. Sementara tiga wakil Asia lainnya, yakni Arab Saudi, Australia, dan Korea Selatan kalah pada laga pertama.

Kemenangan Jepang di Rusia sekaligus menuntaskan dendam mereka atas Kolombia. Samurai Biru – julukan Jepang, pernah takluk di tangan Kolombia dengan skor telak 1-4 pada Piala Dunia 2014 di Rusia.

Sementara itu, kekalahan Kolombia menjadi hasil yang sangat menyedihkan bagi kapten tim Radamel Falcao. Dia absen pada Piala Dunia 2014 di Brasil karena cedera. Sayang, Falcao harus menjalani debutnya di Piala Dunia dengan kekalahan. (saf/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *