UNIVERSITAS NUSA PUTRA

HMSI Goes to School, Bakti NPU Untuk SMA dan SMK Sukabumi

Tahun ini sudah dua sekolah, yakni SMK Ulul AlBab dan SMK Bina Mandiri Cicantayan

Salah satu program kerja wajib pada Program Studi (Prodi) Sistem Informasi di Universitas Nusa Putra (NPU), bidang akademik dan kemahasiswaan ialah HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Goes to School. Program ini rutin dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam HMSI guna meng­asah pengetahuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama duduk di bangku kuliah.

“Tahun ini sudah dua sekolah SMA dan SMK yang telah digelar kegiatan ini, yakni SMK Ulul AlBab Karamat, Kota Sukabumi dan SMK Bina Mandiri Cicantayan di Kabupaten Sukabumi,” ujar Ketua HMSI Hasanudin kepada Radar Sukabumi beberapa hari lalu.

Remaja yang akrab disapa Hasan, itu juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud bakti HMSI kepada masyarakat dalam upaya membantu memberikan informasi, khususnya kepada para siswa, terkait perkembangan teknologi informasi. “Tujuan utamanya, agar para siswa memiliki semangat dalam mengejar cita-cita sebagai bekal nanti.”

Membangun rasa percaya diri

Pada kesempatan sama, Kepala Prodi Sistem Informasi NPU Dudih Gustian, ST, M.Kom berpesan, agar kegiatan HMSI Goes to School terus dilaksanakan oleh setiap kepengurusan mahasiswa sistem informasi. Hal tersebut, pesannya, untuk membangun rasa percaya diri mahasiswa, sekaligus langkah nyata membantu masyarakat di bidang pendidikan.

HASANUDIN
Ketua HMSI Universitas Nusa Putra

“Dalam kegiatan itu dilakukan penge­nalan Prodi Sistem Informasi NPU dan kegiatan-kegiatan yang telah telah dilaksanakan. Sesi selanjutnya, dilakukan pemaparan mengenai perkembangan sistem informasi, serta peluang-peluang yang bisa diambil dalam bidang terkait,” jelas Dudih.

Pada sesi terakhir, tambahnya, diakhiri dengan pemberian motivasi dari perwakilan mahasiswa kepada siswa yang mengkuti kegiatan tersebut. “Kegiatan itu ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Sistem Informasi kepada pihak sekolah. Kegiatan ini sudah sejalan dengan visi dan misi Prodi Sistem Informasi, tutur pria kelahiran Sukabumi tahun 1980 itu.

“Insya Allah dengan suksesnya kegiatan HMSI Goes to School ini, akan menjadi motivasi, khususnya bagi mahasiswa kami dalam menumbuhkan rasa percaya diri, kebersamaan antar mahasiswa, dan yang utama adalah memberi manfaat kepada para siswa,” imbuh Dudih di ruang kerjanya, di lantai tiga Kampus NPU.

 

DINANTI SEKOLAH LAINNYA

Diakui Dudih, program serupa sudah dinanti kehadirannya di SMA/SMK lainya di Kota/Kabupaten Sukabumi, namun hingga saat ini, baru di dua sekolah tersebut bisa digelar.

“Pihak Prodi terus mengarahkan agar mahasiswa fokus pada kegiatan inti yang rutin dilakukan seperti, seminar nasional dan workshop, HMSI Goes to School, bakti sosial, kunjungan industri, dan keakraban,” yakin Dudih.

Namun, pada akhir perbincangan Dudih mengungkapkan, pihaknya mem­beri kesempatan luas kepada mahasiswa yang ingin menambah wawasan di luar bidang sistem informasi. Bahkan, di sela-sela kegiatan perkuliahan, bapak satu anak ini selalu meng­ajak mahasiswa untuk juga aktif dalam kegiatan lain yang positif .

 

HMSI Goes to School

Latih Rasa Percaya Diri dan Ajang Unjuk Kemampuan

 

Kegiatan HMSI Goes to School selalu mendapatkan sambutan baik dari pihak sekolah, di mana keigiatan tersebut digelar.

Fauzi Yuni, salah seorang mahasiswi Sistem Informasi semester 4 yang juga merupakan Ketua Pelaksana HMSI Goes to School mengatakan, untuk kunjungan sekolah kali kedua, didampingi anggota baru dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) dari semester dua.

Mereka, papar gadis berkerudung itu, diberi kesempatan untuk berbicara di depan peserta. Selain unjuk wawasan, juga ajang menguji rasa percaya diri berbicara di depan khalayak.

“Kalau di kampus mereka hanya bertemu teman sekelas dan dosen, sedangkan dalam momen ini mereka diberi kesempatan untuk mengeksplorasi diri. Bukan hanya kemampuan berbicara di depan umum, namun juga menunjukan kemampuan mereka dalam bidang sistem informasi, seputar dunia teknologi informasi, dan lain sebagainya.”

Saat presentasi tentang media sosial, menampilkan pemateri Wildan Riswandi dan Asep dari semester 2. Siswa pun nampak antusias menyimak penjelasan yang diberikan. Siswa juga aktif bertanya seputar Pengenalan Social Media.

“Adanya HMSI Goes to School, diharapkan siswa mampu menyerap materi yang disampaikan, terlebih diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tenologi sangat penting pada saat ini dan masa yang akan datang,” ujar Wildan.

Ditambahkan Asep, saat ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari teknologi informasi. Kondisi tersebut membuat manusia sangat bergantung dengan alat komunikasi serta informasi.

 

Sistem Informasi NPU: dari Konsultan SI Hingga Presenter di Kuala Lumpur

 

Sistem Informasi merupakan salah satu Program Studi di Universitas Nusa Putra (NPU) yang menghasilkan Sarjana Kompu­ter (S.Kom). Lulusan diarahkan menjadi ahli dalam bidang pengelolaan bisnis berbasis tek­nologi informasi, sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi perusahaan guna memenangkan persaingan bisnis.

“Selain itu, lulusan juga mampu melakukan rekayasa sistem perdagangan electro­nik, serta ahli dan trampil dalam pengembangan sistem informasi,” Terang Dudih Gustian, Kepala Prodi Sistem Informasi NPU kepada Radar Sukabumi.

Lebih jauh Dudih menjelaskan, Prodi Sistem Informasi juga mampu menghasilkan sarjana komputer yang tidak hanya menguasai pengetahuan komputer, tetapi juga memiliki pengetahuan akuntansi, sehingga mampu melakukan rekayasa sistem informasi akuntansi, ahli dan terampil dalam pengebangan sistem akuntansi, baik yang berbasis komputer maupun manual.

Peluang Kerja dan Bisnis

“Peluang kerja lulusan sistem informasi adalah menjadi konsultan SI, programmer, database administrator, audit SI atau TI, wira­usaha, businesss analyst, dan application devoloper. Peluang berbisnis sendiri juga cukup terbuka, seperti menjadi sofware engineering e-business, membuat aplikasi technopreuneur bidang IT atau SI,” ungkap Dudih lagi.

Berbicara prestasi mahasiswanya, Dudih menjelaskan, tidak ha­nya pada bidang yang diminati saja, ia menyebut Tina Agustina yang merupakan Finalis Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi untuk maju   ke tingkat Jawa  Barat, Juara futsal BEM Nusa Putra tahun 2016, hingga menjadi Presenter di ajang Konfe­rensi ICCED 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dudih juga sangat optimistis jika lulusan Sistem Informasi NPU mampu bersaing de­ng­an lulusan dari perguruan tinggi lain. “Jika dilihat hampir semua alumni sudah bekerja dan berwiraswasta. Dari sisi kemandirian juga ada beberapa mahasiswa SI yang sudah punya usaha sendiri khususnya bidang IT.“

Sambutan hangat dan ucapan terimakasih   disampaikan salah seorang pengajar di SMK Bina Mandiri Lia Siti Amalia mengatakan, “Kami sangatmenyambut baik serta berterimakasih kepada HMSI Universitas Nusa Putra yang telah melaksanakan kegiatan HMSI Goesto School di sekolah kami. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa membuka minat siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi,” ujar guru senibudaya itu.

Lebih lanjut beliau memberikan apresiasi  tinggi kepada HMSI yang sudah berbagi ilmu, khususnya dalam bidang sistem informasi kepada para siswanya.“Pesan saya kepada para siswa bahwa kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta, itu sama saja, tergantung dari tujuan dan motivasi siswa sendiri,”pungkas Lia di ruang kerjanya.

Di tempat terpisah, salah seorang alumni SMK Bina Mandiri yang juga merupakan mahasiswa Sistem
Informasi semester 6 Universitas Nusa Putra (NPU) Indriyani mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekannya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) NPU dan Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Dudih Gustian.

“Terimakasih kepada semuanya, Kaprodi dan HMSI yang sudah melaksanakan kegiatan HMSI Goesto School di almamater saya, SMK Bina Mandiri. Belum ada kampus dar iperguruan tinggi lain yang mengadakan kegiatan serupa. Kepada semua adik kelas, pesan saya, agar tetap semangat dalam mengejar cita-cita,” ujar gadis yang mengenakan jilbab dan bertubuhmungil itu.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close