KABUPATEN SUKABUMI

Mengenal Kreativitas Karang Taruna Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi

 

 

 

Masa depan bangsa dan negara ada di tangan para pemuda, dan lewat pemudalah maka dunia ini akan dapat berubah, sebagaimana kata Proklamator Bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua, maka kan ku cabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda maka akan ku gonjangkan dunia”.

Kata mutiara Bung Karno tersebut memberikan spirit dan motivasi bagi Karang Taruna di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Lantas apa karyanya? Berikut liputannya.

BAMBANG SURYANA, Sukabumi

Engkus Kuswara (35) bersama timnya dari Karang Taruna Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, meluncurkan inovasi kompor gas ethanol yang dapat menjadi alternatif ketika gas elpiji langka.

Konon, dari riset dilakukan sejak 2007 lalu itu tercipta sebuah kompor berukuran mini lengkap dengan tangki bahan bakar yang dinamai Kompor Bahan Ethanol (Bahenol). Sementara, bahan pembuatan kompor tersebut dari kaleng bekas, kemudian dibentuk menggunakan peralatan sederhana.

“Berawal dari sering terjadi kelangkaan gas LPG ukuran 3 kilogram, saya pun berinisiatif melakukan riset kompor yang bisa menjadi alternatif,” kata Engkus kepada Radar Sukabumi, senin (8/1).

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close