Bupati Dorong Wisata Kampung Manggis

  • Whatsapp
FT: TABUH GENDANG: Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menabuh gendang di lingkungan Seni Pencak Silat Satria Mekar Manggis di Kampung Manggis Rt 05/01 Desa Cimanggis, Kecamatan Cicantayan, belum lama ini.

CICANTAYAN, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, berupaya mendorong pengembangan komoditi manggis. Belum lama ini, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, mengunjungi lingkungan Seni Pencak Silat Satria Mekar Manggis di Kampung Manggis RT 5/1, Desa Cimanggis, Kecamatan Cicantayan.

Pada kesempatan tersebut, Marwan menerangkan Kampung Manggis memiliki potensi penghasil manggis yang luar biasa, kurang lebih 300 Hektar lahan tertanami pohon manggis, tersebar di Kecamatan Cicantayan yang menghasilkan 215 ton dalam satu kali panen.

Bacaan Lainnya

“Kembangkan potensi manggis ini dengan sebuah event atau kegiatan serta memanfaatkan teknologi digital,” kata Marwan.

Ia mengatakan jadikan potensi manggis sebagai prioritas untuk dikembangkan dan pilih potensi yang dapat berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat.

“Selain itu harus mengembangkan yang memiliki dampak multiplier effect yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Marwan, potensi Kampung Manggis jika tidak dikembangkan dengan baik maka daerah tersebut tidak akan maju. “Kalau tidak dikelola dengan baik, kampung ini tidak akan maju, karena itu dibutuhkan peran seluruh masyarakat dalam mendorong pembangunan dan itu harus dikembangkan oleh penduduk Cimanggis,” tuturnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini juga menitipkan pendidikan karakter bagi anak sebagai generasi peneruh bangsa. “Perkuatlah SDM untuk menghadapi perkembangan zaman. Saya titipkan itu,” pesannya.

Marwan menambahkan, pemerintah akan mendorong agar segera dilakukan percepatan pembangunan wisata di Kecamatan Cicantayan yang sebelumnya dinyatakan sebagai kawasan wisata berbasis desa. “Dalam pemgembangan potensi wisata desa tentunya butuh peran aktif dari masyarakat, sehingga dalam pengembangannya bisa pesat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Cicantayan, Sendi Apriadi mengaku bangga atas kekompakan masyarakat yang telah berperan aktif dalam pembangunan maupun pengembangan potensi wisata tersebut. “Saya berharap, dengan terjalinnya kerjasama yang harmonis antara pemerinta dengan masyarakat semua potensi wisata di Kecanatan Cicantayan ini bisa semakin berkembang,” pungkasnya.

(bam/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *