Apa Itu Hosting? Mengenal Fungsi Serta Jenisnya Disini

HOSTING
HOSTING adalah salah satu bagian terpenting dari membangun website

HOSTING adalah salah satu bagian terpenting dari membangun website. Sebelum membuat domain, Anda harus menentukan hosting untuk website Anda. Ibaratnya hosting adalah rumah untuk menyimpan segala data, sedangkan domain adalah alamat dari rumah itu sendiri. Dalam memilih hosting yang akan digunakan, salah satu caranya yakni dengan melihat review hosting dari para pemilik website.

Ada banyak sekali penyedia hosting berkualitas di Indonesia. Namun bagi pemula, pasti masih agak kebingungan saat menentukan penyedia hosting mana yang sekiranya dapat dipercaya. Tapi sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu mengerti apa fungsi serta jenis-jenis dari hosting. Tujuannya supaya Anda bisa memiliki gambaran yang jelas mengenai hosting yang dibutuhkan dan ke penyedia hosting mana yang memiliki layanan sesuai kebutuhan Anda.

Bacaan Lainnya

Fungsi Hosting

Fungsi utama dari hosting yaitu untuk menyimpan segala bentuk data website Anda. Namun fungsi hosting tidak hanya sebatas itu saja. Hosting berperan penting bagi web karena hosting itulah yang menentukan performa web saat diakses oleh pengguna internet. Anda pasti sering mendapati website yang proses loading lama, atau web yang tidak bisa diakses karena error, hal itu dikarenakan hosting yang digunakan tidak berkualitas baik.

Hosting yang berkualitas dibuktikan dengan adanya jaminan proteksi situs, performa web terjaga dengan baik, serta peningkatan kredibilitas bisnis online. Web yang jarang mengalami down atau error juga salah satu tanda bahwa hosting yang digunakan memang berkualitas.

Permasalahan website down sebenarnya tidak hanya karena hosting yang tidak berkualitas. Biasanya itu karena pemilik web salah dalam memilih hosting berdasarkan kebutuhan websitenya. Jika web Anda memiliki trafik besar juga membutuhkan resource yang besar, pastinya tidak cocok menggunakan shared hosting yang hanya menyediakan resource terbatas. Akan lebih leluasa bila Anda menggunakan VPS hosting, cloud hosting atau dedicated hosting.

Cara Kerja Hosting untuk Website

Untuk memahami lebih lanjut mengenai fungsi dari hosting, berikut cara kerja hosting untuk web Anda.

  1. Server dari hosting akan menyimpan data-data file yang dibutuhkan web
  2. Pengunjung mengetikkan domain web pada browser
  3. Browser meminta server untuk mengirim data file website ke browser
  4. Server akan mengirimkan file ke browser
  5. Dan pengunjung pun dapat mengakses web

Jenis-jenis Web Hosting

Mengidentifikasi kebutuhan web menentukan jenis hosting yang akan digunakan. Hosting terdiri dari banyak jenis, jika Anda salah memilih tentunya akan berakibat kepada performa web serta bisnis Anda. Untuk itu, kenali jenis-jenis dari web hosting berikut ini:

  1. Shared Hosting

Shared hosting diibaratkan Anda menyewa satu kamar di suatu rumah kos, dimana untuk dapur, kamar mandi, dan lain-lain harus saling berbagi dengan penghuni kos yang lain. Shared hosting memang lebih terjangkau, tapi resource server fisik digunakan bersama-sama dengan yang lain sehingga jika salah satu memakai resource yang terlalu banyak, maka yang lain juga kena imbasnya. Meski begitu hosting ini cocok bagi pemula karena fasilitasnya lengkap dan full managed oleh penyedia hosting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.