Penting, Penjelasan Sikat Gigi Saat Ramadhan Bisa Membatalkan Puasa, Benarkah?

ILUSTRASI SIKAT GIGI (FREEPIK)
ILUSTRASI SIKAT GIGI (FREEPIK)

JAKARTA Penjelasan di bulan Ramadhan ada beberapa hal yang makruh bahkan tidak boleh dilakukan saat umat muslim tengah menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya menjaga untuk tidak makan dan juga minum, tapi hawa nafsu juga ditahan selama menjalankan ibadah puasa.

Dalam menjalankan ibadah puasa, larangan yang biasa didengar adalah tidak boleh memasukkan sesuatu apapun kedalam mulut lantaran bisa membatalkan puasa.

Bacaan Lainnya

Lantas bagaimana jika sikat gigi saat tengah menjalankan ibadah puasa?

Sikat gigi sendiri biasa dilakukan jika ingin melakukan aktifitas, atau seseorang yang ingin berpergia menggosok gigi agar tidak bau mulut apalagi saat bulan puasa.

Benarkah jika menggosok gigi saat bulan Ramadhan akan membatalkan puasa?

Ternyata menggosok gigi saat tengah menjalankan ibadah puasa tetap diperbolehkan untuk dilakukan, hal ini dijelaskan oleh Ustadz Subhan Bawazier dikutip dari kanal Youtube AHLI SUNNAH yang tayang (20/5/18).

“Yang diperbolehkan saat puasa itu siwak, sikat gigi boleh,” jelas Ustadz Subhan Bawazier.

“Nggak tahu bagaimana dimasyarakat kita sikat gigi makruh katanya, boleh siwak, boleh sikat gigi,” lanjutnya.

Lantas bagaimana jika sikat gigi menggunakan odol, apakah masih diperbolehkan?

Diketahui odol sendiri memiliki kandungan rasa, dan dianggap menjadi hal yang makruh dilakukan saat bulan Ramadhan karena dianggap memasukan sesuatu yang berasa kedalam mulut.

“Boleh sikat gigit pake odol, boleh yang bikin batal kalau minum air kumuran odol, itu lain lagi,” jelas Ustadz Subhan Bawazier.

“Jadi dibuang, sikat gigi sampai bersih, kalau ada hawanya nggak apa-apa kita bukan makan bukan minum jadi nggak masalah,” tegas Ustadz Subhan Bawazier.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *