Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Jalankan Ibadah Puasa

tips sehat bulan puasa ramadhan / YouTube @Nova_Veronika
tips sehat bulan puasa ramadhan / YouTube @Nova_Veronika

JAKARTA -– Berpuasa dengan cara yang tepat akan membantu terhindar dari berbagai penyakit. Tips menjaga berpuasa secara sehat adalah mengatur pola makan, mendapatkan cukup cairan, tidur teratur atau istirahat yang cukup, serta berolahraga.

Dikutip dari kanal youtube @Nova_Veronika (31/3), menjelaskan tentang tips tetap sehat di bulan puasa ramadhan.

Bacaan Lainnya

Mengatur pola makan

Pada saat berpuasa metabolisme tubuh juga akan berubah sehingga peraturan pola makan dan gizi seimbang harus diperhatikan.

Hindari makanan yang mengandung tinggi gula saat berbuka karena dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan insulin dengan secapt secara signifikan hal tersebut berakibat terkena resiko obesitas dan penyakit DM tipe 2.

Carilah sumber gula alami seperti buah kurma, karena mengandung gula alami, antioksidan, serat, potasium, magnesium serta zat besi yang baik untuk tubuh.

Panduan berbuka menurut kemenkes yaitu 50 persen buah dan sayur, dimana 1/3 bulan dan 2/3 sayur. 50 persen yang lain terdiri dari 1/3 lauk pauk dan makanan pokok.

Mendapatkan cukup cairan

Tubuh tidak akan mendapatkan cairan seperti biasanya sehingga penting untuk mempertahankan kecukupan cairan.

Minumlah air putih saat berbuka dan sahur, hindari air dingin Karena lambung akan bekerja lebih lambat untuk menyamakan suhu air dan suhu dalam tubuh juga dapat menyebabkan lambung berkontraksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *