BEM UBSI Sukabumi Gelar Pemilu Raya Bertajuk Teknologi

SUKABUMI – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI ) Kampus Sukabumi, menggelar pemilihan umum raya secara serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden mahasiswa periode 2020.

Pemilih dan pemberi suara berasal dari seluruh mahasiswa dan Staff civitas kampus UBSI kampus Sukabumi yang dilaksanakan di Kampus UBSI Sukabumi, Jalan Cemerlang, Sukakarya Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Jumat (20/12/2019).

Bacaan Lainnya

Ketua Presma periode 2019, Rusman mengatakan, pemilu raya kali ini diperketat dalam penyeleksian calon presma dan wapresma. Dimulai dari tahap forum terbuka yang dimana pada tahap ini kandidat bakal calon akan diberikan arahan dan diberikan bimbingan oleh orang-orang ahli dalam bidangnya selanjutnya akan dilanjutkan pada tahap forum tertutup (seleksi bakal calon) pada tahap ini merupakan tahapan pendekatan secara persuasif yang dilaksanakan oleh team Analyst yang sebelumnya di bentuk oleh panitia pelaksana.

“Setelah proses seleksi hasil akan diberitahukan pada agenda liris hasil pasangan calon yang akan maju pada tahap selanjutnya yang dimana pada tahap ini akan di beritahukan tim sukses masing-masing pasangan calon,” terangnya.

Agenda selanjutnya yaitu kampanye terbuka yang dimana kampanye dilakukan dengan dua cara kampanye secara langsung atau door to door dan kampanye secara tidak langsung yaitu dengan memanfaatkan media cetak dan media sosial.

Kampanye di lakukan selama satu minggu, setelah kampanye pasangan calon dilaksanakan akan langsung masuk pada tahap debat kandidat terbuka yang dimana pada debat terbuka ini menghadirkan beberapa ahli dan tim pakar yang akan mempertanyakan perihal visi-misi, program kerja dan permasalahan umum, tidak hanya itu acara debat terbuka di hadiri langsung oleh seluruh mahasiswa UBSI sukabumi yang bebas untuk bertanya kepada pasangan calon.

Setelah seluruh agenda telah di laksanakan panitia memberikan satu minggu untuk hari tenang agar tidak ada aktivitas kampanye lainnya. setelah itu, di lanjutkan dengan pemilihan dan voting pasangan calon.

Adapun untuk pemilihan pasangan calon ini BEM UBSI Sebagai penyelenggara telah menggunakan teknologi dalam pemilihannya, dimana pemilihan telah menggunakan website dengan jaringan lokal dan memiliki server tersendiri sehingga pemilihan akan lebih LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dan juga JURDIL (Jujur dan Adil) tanpa ada manipulasi suara dari tiap pasangan calon.

“Pemilu Raya kali ini sangat ketat dalam proses penyeleksinnya dan juga karena Fakultas kita Teknologi informasi maka kita memanfaatkan teknologi dalam pemilihannya, agar siapa pun yang akan menjadi presma dan wapresma merupakan orang-orang yang memiliki integritas dan pengetahuan yang luas,” imbuhnya.

Adapun empat pasangan calon yang berkompetisi secara sengit dengan perbandingan suara yang sangat tipis, dengan partisipasi pemilih yang luar biasa, pasangan calon nomor urut 4 Widi sukmawan sebagai calon presma dan Silvia Ananda sebagai calon wakil Presma terpilih sebagai Presma dan Wapresma priode 2020 dengan perolehan suara 45 % dari keseluruhan suara. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *