Siswa SMP IT Bani Saleh Wajib Hafal Lima Juz

Ketua Pengelola SMP IT Bani Saleh, Mulayan, saat meninjau proses KBM siswa, Kamis (19/9).

CIKEMBAR – Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Bani Saleh di Jalan Raya Yonif 310, Kampung Cikate, RT 1/11, Desa/kecamatan Cikembar berkomitmen mencetak siswanya agar menjadi generasi yang soleh, sehat, cerdas dan berakhlak mulia. Untuk mewujud cita-cita itu, berbagai upaya pun saat ini tengah digencarkan.

Ketua Pengelola SMP IT Bani Saleh, Mulayana mengatakan, Yayasan Bani Saleh yang berdiri pada tahun 2000 lalu, bergerak pada bidang pendidikan non formal, yakni Taman Pendidikan Alquran (TPA), majelis taklim dan kegiatan pertanian.

Setelah itu, pada 2002 berdirilah pendidikan formal, berupa TK IT dan SD IT Bani Saleh.

“Alhamdulillah, kami sekarang membuka program jenjang pendidikan lanjutan, yaitu SMP IT pada 2017 lalu.

Saat ini, kami baru memiliki 30 siswa. 17 siswa kelas VII dan 13 siswa kelas VIII,” jelas Mulyana kepada Radar Sukabumi, Kamis (19/9).

SMP IT Bani Saleh, sambung Mulyana, akan terus berkomitmen dan berusaha sebaik mungkin mencetak generasi yang memiliki tingkat intelektualitas tinggi, disiplin serta berakhlakul karimah.

“Keunggulan dari sekolah ini adalah Tahfidz Quran. Kami targetkan, seluruh siswa di SMP IT Bani Saleh memilki kemampuan menghafal Alquran minimal 5 juz,” ujarnya.

Selain Tahfidz Quran, ujar Mulyana, seluruh siswa SMP IT Bani Saleh juga diajarkan menguasai kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab.

“Kami akan berupaya maksimal mencetak siswa berkualitas agar kelak mereka menjadi sumber daya manusia yang handal sebagai generasi bangsa yang berakhlak mulia,” bebernya.

Untuk memaksimalkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pihaknya berencana akan kembali membangun gedung baru sebanyak lima lokal untuk menunjang sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Inysa Allah tahun ini, kami akan membangun tiga lokal kelas untuk KBM siswa, satu lokal untuk ruang guru dan satu lokal lagi untuk kebutuhan ruang serba guna. Surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi sudah ke luar. Namun untuk proses IMB ada satu syarat yang belum terpenuhi. Yakni izin lingkungan dari Dinas Perizinan dan saat ini masih dalam proses,” imbuhnya.

Ia menambahkan, antusias masyarakat sangat baik mengenai keberadaan SMP IT Bani Saleh. Hal ini bisa dilihat dari jumlah siswa yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Meskipun kami belum melakukan promosi, tetapi kepercayaan warga Sukabumi, khususnya warga Cikembar sangat baik dengan anaknya menimba ilmu di sekolah di sini,” paparnya.

Seorang warga Kampung Cilaksana, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Yantin (45) mengatakan, banyak warga di kampungnya yang menyekolahkan anaknya di SMP IT Bani Saleh.

“Selain lokasi sekolahnya dekat dan mudah dijangkau, proses pendidikannya juga sangat baik, seperti pendidikan Tahfidz Quran.

Apalagi, di sana anak-anak diwajibkan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab. Tentu ini sangat baik sebagai bekal masa depan mereka,” singkatnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *