PENDIDIKAN

SDN Cipanas Tanamkan Karakter Mandiri-Religius Gelar Perpisahan dan Kenaikan Kelas, Full Prestasi

SUKABUMI,RADARSUKABUMI.com – Sekolah negeri dengan mayoritas guru honorer, tidak menjadi alasan untuk ogah dalam memajukan pendidikan.

Itulah yang bisa ditangkap dari pesan acara Pelepasan Siswa Kelas VI SDN Cipanas Kota Sukabumi kali ini.

Dengan kondisi tersebut, pihak sekolah yang dipimpin Euis Sulaesih ini nyatanya tidak berdiam diri. Ia beserta seluruh guru bekerja keras untuk terus bangkit menunjukkan eksistensinya, hingga pada akhirnya sekolah ini makin beken lantaran dengan kondisi tersebut baik pelajar maupun guru-gurunya memiliki sejubel prestasi.

Bukan lagi prestasi yang datang dari tingkat Kota Sukabumi, akan tetapi sederet prestasi yang ditorehkan terus berdatangan dari tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga tingkat nasional.

Bekerjasama dengan komite sekolah, SDN Cipanas 1 bahu membahu menyukseskan acara Pelepasan Kelas VI dan Kenaikan Kelas I-V di Gedung Hj.Kusmiati di Jalan Jalur Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, kemarin (19/6).

Bahkan para tamu undangan yang hadir seperti Ketua Komite Sekolah, Pengawas SD hingga perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Sukabumi pun angkat jempol atas perhelatan tersebut dan ketenaran SDN Cipanas.

Dalam sambutannya mereka sangat bangga, atas prestasi yang terus diraih sekolah ini, dan meminta sekolah lain untuk mencontoh keberhasilan SDN Cipanas. Dengan tujuan agar semua sekolah di Kota Sukabumi sama-sama berprestasi.

Dalam sambutannya, Pengawas Pembina SDN Cipanas H Asep Rosadi mengatakan, selama kurang lebih sepuluh tahun sekolah ini menjadi sekolah binaannya sebelum akhirnya pada Mei ia purnabakti. Selama bertugas, dirinya memantau perkembangan sekolah tersebut.

“Alhamdulillah dari waktu ke waktu SDN Cipanas ini progresnya sangat tinggi, prestasi yang diraih bukan lagi tingkat Kota Sukabumi tapi sudah ke nasional,” tuturnya.

Menurutnya, pengembangan di level provinsi bagi SDN Cipanas sudah biasa.”Bapak dan ibu guru yang didukung komite sekolah dan diprakarsai sekolah berjalan dengan baik, disamping prestasi antar kelas dan antar sekolah yang bagus. Untuk itu saya minta kekompakan ini terus dijaga,” ujar Asep sembari pamit lantaran purnatugas.

Senada dikatakan Pengawas SD Tingkat Kota Sukabumi, Maesaroh yang mewakili Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi yang berhalangan hadir, lantaran sedang melakukan presentasi PPDB di DPRD Kota Sukabumi.

“SDN Cipanas ini salah satu sekolah yang dibanggakan di Kota Sukabumi. Selamat kepada para pelajar kelas VI yang akan melanjutkan pendidikannya dan semoga senantiasa berprestasi,” ucapnya.

Maesaroh juga setuju dengan tema karakter yang diambil dalam acara tersebut. Menurutnya, karakter siswa diamanatkan dalam Permendikbud bahwa anak-anak harus dipupuk karakternya supaya berkualitas. Ia juga menyinggung soal sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD dengan cara online.

“Dalam PPDB SD ada dua cara yang dipakai yaitu sistem zonasi dan usia.

Untuk itu kepada kepala sekolah dan jajarannya dalam PPDB SD ini tolong pilih dulu siswa yang terdekat zonasi sekolah dan usia peserta didiknya diutamakan tujuh tahun, dan keduanya wajib diterima.

Bagi anak yang usianya kurang dari tujuh tahun, lebih baik jangan di ke SD kan dulu dan hati-hati dengan titip menitipkan anak. Karena itu tidak sesuai dengan aturan, dan dilarang,” tegasnya.

Tahun ini, lanjut Maesaroh, sistem PPDB sebanyak 90 persen zonasi, lima persen jalur prestasi dan lima persen mutasi yakni perpindahan anak jika terjadi bencana di tempat awal.”Dengan sistem zonasi ini tidak ada yang difavoritkan, semua sekolah sama-sama harus menjadi sekolah favorit.

Sekarang karena online, bisa diakses siapa saja dan terbuka. Jadi tidak bisa titip menitip. Semoga seluruhnya memahami dan terlaksana dengan baik PPDB ini.

Selamat kepada SDN Cipanas, saya yakin akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih ke depannya. Apalagi dipimpin kepala sekolah dan guru-guru yang berpengalaman, meskipun gurunya banyak honorer tapi buktinya SDN Cipanas sekolah berkualitas,” paparnya.

Tahun ini pihak sekolah sengaja mengadakan acara perpisahan cukup meriah dengan tema “Melalui Pelepasan Kelas VI dan Kenaikan Kelas I-V Kita Tingkatkan Karakter Siswa yang Mandiri dan Religius”.

Selain sebagai apresiasi kepada siswa Kelas VI yang telah lulus UASBN dengan nilai memuaskan, acara ini juga dilakukan untuk mendorong masyarakat agar peduli terhadap pendidikan, terutama dalam meyukseskan program wajib belajar.

Kemeriahan pelepasan siswa kelas VI SDN Cipanas ini dibuktikan dengan unjuk kebolehan dari setiap tingkatan mulai kelas I-VI, mereka tampil menghibur penonton.

Kepala SDN Cipanas Kota Sukabumi Euis Sulaesih berterimakasih kepada semua guru beserta orang tua siswa dan panitia, atas dukungan dan kerja kerasnya dalam menyukseskan acara ini.”SDN Cipanas saat ini terdiri dari 18 rombel dengan jumlah siswa 648 orang, dan tahun pelajaran 2018/2019 lulusan sekolah ini berjumlah 117 orang, semuanya Alhamdulillah lulus 100 persen dengan nilai rata-rata baik,” tegas Euis Sulaesih kepada Radar Sukabumi.

Sejak 2016 ada beberapa prestasi kelembagaan yang diraih mulai sekolah sehat tingkat Kota Sukabumi, Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tingkat Provinsi Jabar, Pengelola BOS Terbaik tingkat provinsi dan masuk ke tingkat nasional.

“Alhamdulillah kami juga menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional 2018 dan ada lagi prestasi siswa seperti juara Pildacil tingkat Kota Sukabumi dan Polda Jabar, juara Duta Baca tingkat Provinsi Jabar, kaligrafi, tahfidz dan PKS.

Sebagai kepala sekolah, Euis pun berpesan agar para alumni harus tetap menjunjung tinggi sifat baik dalam keseharian, sopan santun, jujur dan disiplin kepada semua orang. “Buatlah hal itu menjadi ciri khas bagi alumni sekolah kita, jagalah nama baik sekolah dimanapun kalian menginjakan kaki.

Tetapkanlah hati dan pikiran dalam kejujuran dan kebenaran, karena dengan begitu akan menjadi orang yang sukses di masa depan,” pungkas perempuan yang dikenal tegas dan disiplin ini.

(sri)

Tags

Tinggalkan Balasan