Kecamatan Baros

Inovasi Ambu 250 Bantu Ibu Hamil, Gelorakan Gerakan Shalat Jum’at Berjamaah

Kelurahan Baros, Kecamatan Baros

Kelurahan Baros memiliki inovasi unik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Ambu 250 alias Ambulance yang siap antar jemput pasien yang  akan melahirkan di sekitar Kelurahan Baros selama 24 jam. Ada juga program pegawai kelurahan ke masing-masing RW untuk mengingatkan warga agar bersiap-siap Shalat Jum’at berjamaah.

Laporan Hiti Robiah

Luas wilayah Kelurahan Baros mencapai 99,52 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat dan Kelurahan Baros memiliki 06 RW dan 33 RT. Kelurahan Baros  yang dipimpin Lurah Baros Achmad Saripudin saat ini fokus mendukung Visi Misi Wali dan Wakil Wali Kota Sukabumi agar mencapai Sukabumi Renyah  (Religius, Aman dan Sejahtera).

Gerakan Jumat Berjamaah rutin dilakukan pihak Kelurahan Baros. ” Pegawai kami secara rutin berkeliling ke tiap masjid di masing-masing RW  untuk menggerakan Sholat Ju’mat berjamaah. Hal ini untuk mendukung peningkatan sisi Religius dari kami dan masyarakat, sekaligus bersilaturahmi dengan  warga,” terang Achmad.

Kelurahan Baros juga memiliki inovasi layanan publik yang tidak biasanya. Yaitu, Ambu 250 yakni Ambulance yang dikhususkan bagi wanita hamil yang akan melahirkan untuk dijemput dari rumahnya dan diantarkan ke puskesmas ataupun ke rumah sakit.

“Warga tinggal hubungi nomor 08111144250 jika memerlukan bantuan bagi warga yang mau melahirkan. Selama 24 jam Ambu siap melayani sepenuh hati,”  tandasnya.

Kelurahan Baros memiliki Puskesmas Baros yang merupakan salah satu puskesmas terbaik di Kota Sukabumi.

“Puskesmas Baros siap melayani warga sampai Pukul 21:00,”katanya. Semua program yang Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi gencarkan membuat pihaknya senantiasa berkewajiban mensosialisasikan kepada seluruh  warga Kelurahan Baros.

“Salah satu program pemkot, Sukabumi Kece sampai sekarang sudah diminati 19 warga, ini membuktikan antusiasme warga  meningkat apabila turun langsung menyoalialisasikan program pemerintah dalam berbagai kegiatan warga. Baik itu sholat berjamaah atau Jalan Pagi Sambil  Pungut Sampah (JPJPS),” pungkasnya. (cr5/d)

RW 08 Jadi Kampung KB Percontohan

Lurah Baros Achmad Saripudin

Lurah Baros Achmad Saripudin menyatakan, RW 08 ditunjuk menjadi Kampung KB “Kasebor” (Kampung Selagombong Baros). Area Sport Center pun akan dibentuk di kampung KB tersebut. Kampung KB yang belum lama diresmikan ini diharapkan menjadi percontohan bagi seluruh warga Kelurahan Baros.

“Bukan hanya membina warga tentang keluarga berencana akan tetapi dengan terpilihnya RW 08 jadi Kampung KB, semoga dapat membantu warga untuk terus berkarya dan tetap mendukung Visi Misi Pemkot serta menjadi contoh bagi RW lain. Diharapkan membantu menularkan kebaikan dan meningkatkan ruhaniahnya dengan aktif pada kegiatan keagamaan di masyarakat,” pungkasnya. (cr5/s)

Tags

Tinggalkan Balasan