Yohanes Gama Marchal Lau, Siswa SMP yang Spontan Memanjat Tiang Bendera

Hari yang tak akan pernah dilupakan Yohanis Gama Marschal Lau alias Joni diakhiri dengan pengalaman istimewa. Nonton spektakulernya seremoni pembukaan Asian Games 2018 Si bocah pemanjat tiang bendera itu diajak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Didampingi orang tua, Victorino Fahik Marshal (ayah) dan Lorena Gama (ibu), Joni, berencana bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, hari ini Senin (20/8).

Joni, bocah 14 tahun yang akrab disapa Joni itu juga diajak ke berbagai venue, dan malamnya dia juga berkesempatan menyaksikan pertandingan penentuan di grup A antara Indonesia U-23 dan Hongkong U-23 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sebab, siswa kelas VII SMP Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur, itu mengidolakan salah seorang penggawa Garuda Muda, sebutan tim nasional U-23 Indonesia. “Evan Dimas,” ucapnya saat ditanya siapa pemain idolanya.

Bacaan Lainnya

Joni menarik perhatian luas setelah video yang memperlihatkan keberaniannya memanjat tiang bendera beredar luas pada Jumat (17/8). Persisnya, saat berlangsung upacara bendera di Pantai Motaain yang dipimpin Wakil Bupati Belu J.T. Ose Luan.

Nah, ketika tali putus, sang wakil bupati meminta tolong adakah di antara peserta upacara yang bisa memanjat tiang untuk melepaskan tali yang nyantol. Joni yang terbiasa memanjat pinang dan kelapa langsung spontan bereaksi. Kemarin siang Joni dan orang tua, didampingi Kapolres Belu AKBP Christian Tobing dan Dandim 1605/Belu Letkol Putu Dwika, diterima Menpora di kantor. Selain membopong Joni dan mengajaknya ke ruang kerjanya, Imam mempersilakan Joni menjadi Menpora untuk sesaat.

Joni pun duduk di kursi Menpora dan Imam berdiri di sampingnya menunjukkan dokumen progres Asian Games. “Persiapan akhir Asian Games seperti ini, Pak Joni,” canda Imam seraya membolak-balikkan dokumen di hadapan Joni.

Dia juga menghadiahi Joni tiga patung maskot Asian Games yang terbuat dari tembaga, perak, dan perunggu. Maskot itu sebelumnya dipajang di ruang tamu di ruang kerja Imam. Nah, besok, sebelum ke Bekasi, Joni dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo. Dan, dia pun sudah tahu apa yang akan disampaikan ke kepala negara.

“Saya ingin ada beasiswa untuk teman-teman,” ujar bungsu sembilan bersaudara itu. Bukan tanpa alasan keinginan tersebut disampaikan. Dia mengungkapkan, teman-temannya di sekolah dan beberapa sekolah lain di Belu masih ditarik biaya di sekolah.

Joni menuturkan, siswa di sekolahnya berjumlah sekitar 400 orang. “(Tiap) tiga bulan kami bayar Rp 150 ribu,” kata Victorino, sang ayah, yang sebelum referendum 1999 bermukim di Timor Timur (kini Timor Leste) itu.

Itu jumlah yang tidak sedikit bagi orang seperti Victorino. Tiga tahun terakhir dia didera sakit yang membuatnya sulit bekerja. Baru mulai awal tahun ini pria 55 tahun itu kembali menggarap kebun keluarga berukuran 25 x 40 meter. “Saya tanam jagung dan ubi di lahan itu,” tuturnya.

Belu merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Banyak warga eks Timor Timur yang bermukim di sana. Saat bertemu Menpora, Victorino dan Lorena mengenakan pakaian tradisional NTT dan kompak mengenakan syal tenun warna merah khas daerah setempat. Sementara itu, Joni mengenakan seragam yang digunakan dalam aksi heroiknya. Plus syal tenun merah yang sama dengan yang dikenakan orang tuanya.

Momen kali ini juga menjadi pengalaman pertama Joni dan kedua orang tua keluar dari Belu dan menjejak ibu kota Indonesia. Juga, pengalaman pertama naik pesawat. “Saya tidak tidur selama di pesawat,” ucap Joni yang bersama keluarga tinggal di desa yang hanya berjarak 20-30 km dari Bandara A.A. Bere Tallo, Belu, itu.

Apresiasi kepada Joni datang bertubi-tubi setelah aksi heroiknya. Mabes TNI menjamin akan memprioritaskan dia untuk bergabung menjadi tentara, profesi idaman Joni. Lalu, PLN menjamin beasiswa sampai lulus kuliah S1.Demikian pula Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami dapat perintah membangun ruangan sekolah yang diinginkan Joni,” terang Kepala LPMP NTT Muhammad Irfan yang kemarin mendampingi Joni.Menurut dia, Joni minta sekolahnya dibangunkan aula. Juga, ruangan untuk kegiatan kreatif siswa.
Joni, berencana bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, hari ini Senin (20/8). Saat berbincang dengan pengacara kondang Hotman Paris, bocah polos yang maih berusia 13 tahun itu mengaku memiliki sebuah permintaan yang akan disampaikan kepada Jokowi.

“Mau ngapain aja ketemu Presiden?,” tanya Hotman kepada Joni di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/8).”Minta perhatikan sekolah (di NTT),” timpal Joni.Selain itu, Joni akan meminta beasiswa hingga tingkat perguruan tinggi kepada Jokowi.

“Minta uang sekolah sampai lulus ke perguruan tinggi,” ujar anak bungsu dari sembilan bersaudara itu.
Orang tua Joni, Viktorlino yang berprofesi sebagai petani mengaku ingin anaknya agar bisa terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah.

“Saya kan petani. Jadi Joni selalu makan sayur-sayuran. Jagung, ubi jalar. Agar Joni kuat dan tetap sekolah,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *