PENDIDIKAN

Himpunan Mahasiswa Kebidanan Stikes Gelar Seminar

Himpunan Mahasiswa Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Sukabumi menyelenggarakan seminar bertemakan “Strategi Entrepeurship dalam Meningkatkan Pelayanan Kebidanan Melalui Hypnobirthing” di Hotel Anugerah, Cikole, Kota Sukabumi, Sabtu (11/6).

Ketua Prodi Kebidanan Stikes Sukabumi Dewi Hanifah mengatakan, kegiatan diikuti sebanyak 280 bidan se-Sukabumi. Peserta terlihat antusias dengan adanya seminar. Dijelaskannya, hypnobirthing merupakan metode persalinan tanpa rasa sakit dengan menggunakan hipnotis diri sendiri dan teknik relasasi, untuk membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi akan ketakutan, kecemasan atau tegang dan rasa sakit saat melahirkan.

“Sangat pening bagi seorang bidan yang tugas utamanya membantu persalinan untuk menambah ilmu ini. Sehingga, mereka bisa meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan dan juga agar bisa selalu berinovasi untuk meningkatkan pelayanan,” terang Dewi yang juga seorang pakar kebidanan.

Dengan seminar tersebut, ia berharap peserta (bidan, red) mampu menerapkan metode hyipnobrithing saat membantu persalinan normal. Dengan begitu, dapat meningkatkan kapasitas diri bidan, meningkatkan kesejahteraan dan mampu memberikan pelayanan secara optimal yang akan membantu meningkatkan kesehatan ibu dan anak sebagai upaya mendukung program Pemerintah Kota Sukabumi. Hadir juga Pakar Hypnobirthing Indonesia, Lanny P.S Kuswandi pembicara dan diakhir, peserta yang hadir mendapat serifikat ber-SKP IBI Jabar.

Pakar Hypnobirthing Indonesia, Lanny P. S Kuswandi memberikan hypnobirthing kepada peserta seminar.
Ketua Stikesmi, Iwan permana memberikan cendramata kepada Lanny P. S Kuswandi.
Peserta seminar serius mendengarkan materi dari pembicara.
Woro Rahmanishati memberikan cendramata kepada Dewi Hanifah, salah satu pemateri sekaligus Ketua Prodi D3 Kebidanan Stikesmi.
Foto bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr. Ritanenny.

 

(wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan